Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kanwil Kemenag NTT Gelar Kegiatan Pembinaan Kompetensi Digital Bagi Guru PAK Daratan Flores, Sumba, Lembata, dan Alor

 

(Foto bersama pada kegiatan Pembinaan Kompetensi Digital Bagi Guru PAK bersama Kanwil Kemenag NTT)


Ngada, CAKRAWALANTT.COM - Bidang Pendidikan Katolik Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan Pembinaan Kompetensi Digital Bagi Guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) Daratan Flores, Sumba, Lembata, dan Alor selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (8-10/5/2023), di Hotel Korina, Bajawa, Kabupaten Ngada.


Baca juga: Menuju Era Pendidikan Berbasis Digital  


Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pendidikan Katolik Kanwil Kemenag NTT, Adrianus Paripurnama Jaya, S.Ag.,M.Th., menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi para Guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) di Wilayah NTT. Hal itu, ujarnya, secara khusus ditujukan pada penguasaan dan pemanfaatan media teknologi dalam pembelajaran.



“Setelah kegiatan ini para Guru Pendidikan Agama Katolik yang menjadi peserta dapat mendampingi para Guru Agama lain di sekolah dan wilayah mereka masing-masing, sehingga target Guru Pendidikan Agama Katolik melek teknologi tahun 2024 dapat tercapai,” sambungnya.

 

Adrianus menuturkan Guru Pendidikan Agama Katolik harus menyesuaikan diri dengan perkembangan media digital saat ini dan memanfaatkannya sebagai media pembelajaran kreatif dan inovatif yang menyenangkan dan diminati oleh peserta didik.


Baca juga: Saya Posting Maka Saya Ada 


“Guru Agama itu harus bisa menjadi orang yang menyenangkan, kreatif, dan menginspirasi peserta didik. Harapannya, dengan pembelajaran agama yang menyenangkan, para peserta didik bisa memahami materi dan menjalankan nilai-nilai positifnya dalam kehidupan mereka sehari-hari,” ungkapnya.



Selaras dengan itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ngada, Yohanes Daketi Ase, S.Fil., mengatakan Guru Pendidikan Agama Katolik merupakan “Pewarta Sabda” di lingkungan sekolah, sehingga perlu menguasai media digital sebagai ruang pewartaan yang sesuai dan seiring dengan perkembangan zaman.

 

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Bidang Pendidikan Katolik Kanwil Kemenag NTT yang telah memercayakan Kabupaten Ngada sebagai Tuan Rumah Penyelenggara Workshop tersebut.


Baca juga: Anak Muda Honihama Bentuk Komunitas YouTuber  


“Harapannya, para peserta nyaman dan semangat dalam mengikuti proses pembinaan tersebut dan mampu membawa pengaruh baik kepada Guru Agama lain setelah pulang dari kegiatan ini,” pungkasnya.



Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh 38 peserta dari setiap Wilayah Flores, Sumba, Alor, dan Lembata. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Adrianus Paripurna Jaya, S.Ag.,M.Th., selaku Kepala Bidang Pendidikan Katolik Kanwil Kemenag NTT. (Frein Raden/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments