Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KABAR BAIK BAGI GURU DAN DOSEN! SIMAK INFO DARI DITJEN GTK BERIKUT

 

(Kegiatan Webminar terkait Program Beasiswa Nongelar Micro Credential)


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) kembali membuka Program Beasiswa Nongelar Micro Credential melalui Dana Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Tahun 2023. Program tersebut terbuka bagi guru di semua jenjang mulai PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK Non-Kejuruan, SLB hingga Dosen Pendidikan Profesi Guru (PPG).

 

Direktur Jenderal (Dirjen) GTK, Nunuk Suryani, mengatakan program tersebut adalah salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan dosen PPG dari seluruh Indonesia untuk meningkatkan kompetensi profesi masing-masing.

 

“Kampus-kampus yang akan menjadi tempat belajar bagi para guru dan tenaga kependidikan merupakan institusi pendidikan di luar negeri yang tidak diragukan lagi kualitasnya,” demikian ujar Nunuk dalam acara webminar dengan tema “Kiat Sukses Meraih Beasiswa Micro Credential” yang diselenggarakan secara virtual di kanal Youtube Ditjen GTK, Kamis (6/4/2023).



Nunuk menambahkan dengan mengikuti program beasiswa nongelar tersebut, para guru dan tenaga kependidikan akan mendapatkan materi yang diberikan oleh pakar di bidangnya masing-masing dengan standar internasional. Dengan begitu, sambungnya, para peserta akan mendapatkan pengalaman belajar dan mengajar yang dapat dikembangkan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah atau instansi masing-masing.

 

Sementara itu, Direktur Guru PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Santi Ambarrukmi, selaku Penanggung Jawab Program Beasiswa LPDP Guru dan Tenaga Kependidikan, dalam laporannya, mengungkapkan Beasiswa Nongelar Micro Credential akan dibuka pendaftarannya dalam waktu dekat.



Ia menjelaskan pada tahun 2023, Ditjen GTK akan memberikan kesempatan yang jauh lebih besar dari tahun lalu kepada semua guru dan tenaga kependidikan dari berbagai lintas jenjang. Ditjen GTK, lanjutnya, akan membuka sekitar 15 bidang studi dengan sasaran total peserta sebanyak 425 orang.

 

Santi juga mengingatkan pendaftaran beasiswa akan segera dibuka dan selanjutnya akan dilakukan seleksi serta penetapan peserta. Adapun pelaksanaan program akan dimulai sekitar Bulan Juni-November 2023.



“Bapak/Ibu sahabat GTK diharapkan agar selalu mengikuti informasi yang akan disampaikan di media sosial, laman Ditjen GTK, dan direktorat teknis terkait di lingkungan Ditjen GTK,” pungkasnya. (Arif/Denty/Ditjen GTK/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments