Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

IKMPL KUPANG TINGKATKAN KAPASITAS KADER MELALUI LKK

 

(Dokumentasi kegiatan LKK IKMPL Kupang)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Ikatan Keluarga Mahasiswa Pelajar Lambaleda (IKMPL) Kupang menggelar Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) selama sepekan di Sekretariat Ikatan Mahasiswa Borong, Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas, dan kualitas diri para kader. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum IKMPL Kupang, Galdinus F. Sucipto, Sabtu (15/4/2023).

 

“Dalam menjalankan roda organisasi dan aktivitasnya, IKMPL Kupang tentu tidak hanya berkutat pada tugas utamanya sebagai pelajar dan mahasiswa, tetap lebih dari itu, melakukan kegiatan pengembangan diri lewat LKK agar kelak menjadi kader penerus daerah, nusa, dan bangsa yang mapan dan potensial,” ujar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undana tersebut.

 

Galdinus menerangkan kegiatan LKK tersebut merupakan kelanjutan dari tahapan rekrutmen anggota baru pada tahun sebelumnya, sekaligus mematangkan diri para anggota di tengah derap langkah perkembangan demokrasi yang riuh gempita dengan trik politik identitas yang bukan tidak mungkin bisa mengancam demokrasi itu sendiri.



“Ancaman itu bisa muncul lewat kekerasan verbal atau bahkan fisik dan itu nyata. Jika politik identitas itu menyebabkan polarisasi yang dapat memecah belah rakyat dan komponen terkait sebagai pilar demokrasi,” ujar Galdinus sembari diamini oleh Sekretaris Umum IKMPL Kupang, Yohanes A. S. Naur.

 

Kegiatan LKK Organisasi Mahasiswa Manggarai Timur tersebut, lanjutnya, menjadi wahana kecil dan sederhana untuk berbagi bersama para Senior dan Pembina IKMPL dalam upaya menambah pengetahuan dan pemahaman akan pentingnya pembenahan diri para anggota. Selain itu, tambahnya, para anggota juga bisa meningkatkan kepedulian dan daya analisis terhadap tren perkembangan ekonomi, politik, menangkap peluang kerja, kemandirian, serta persoalan-persoalan krusial yang kerap terjadi di sekitar.

 

“Kegiatan LKK ini pun sebagai asupan untuk memperkuat pemahaman kader-kader IKMPL Kupang agar mampu dan sanggup bersaing dalam berbagai aspek kehidupan yang diinginkan bersama perkumpulan ini dan semua itu bisa tercapai,” pungkasnya.



Untuk diketahui, kegiatan LKK tersebut diisi dengan beberapa pemaparan materi, diantaranya “Kewirausahaan” oleh Yuvens Tukung, “Perempuan dan Politik” oleh Yakunda Huwa, “Pengelolaan Dana Desa” oleh Kasmir Senin, “Lobi dan Negosiasi” oleh Mikhael Namas, “ Pers dan Jurnalistik” oleh Hironimus Bifel, serta “Pemimpin dan Kepemimpinan” oleh Fernandes Jemi Buming. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments