Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

GUBERNUR NTT SERAHKAN BANTUAN PENDIDIKAN KEPADA 12 SEKOLAH DI KABUPATEN MALAKA

 

(Gubenur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, melakukan foto bersama para penerima bantuan pendidikan di Kabupaten Malaka)


Malaka, CAKRWALANTT.COM - Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Malaka, Jumat (14/4/2023), Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), turut mengunjungi SMA Raden Ajeng Kartini, Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, sekaligus menyerahkan Hibah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dana Pinjaman PT SMI dengan nilai total Rp. 2.165.379.674 dan Bantuan Pendidikan Dana Alokasi Umum Spesifik Grant Tahun 2023 bagi 12 sekolah di Kabupaten Malaka dengan nilai total Rp. 10.136.848.000.

 

Pada kesempatan tersebut, VBL memberikan motivasi kepada semua pihak yang hadir untuk lebih berusaha dan membangun kerja kolaborasi untuk mengelola dan memaksimalkan potensi daerah yang ada. Hal itu, ujarnya, harus melibatkan semua sektor, baik pendidikan, pertanian, perikanan, hingga kesehatan.

 

“Malaka merupakan daerah dengan potensi yang luar biasa dan kita membutuhkan pengelolaan yang baik. kita ketahui data realitas pendidikan di NTT masih jauh tertinggal, kita membutuhkan effort untuk kerja kolaborasi dengan berbagai pihak dan sektor, baik pendidikan, pertanian, perikanan, hingga kesehatan,” ujar VBL.



Lebih lanjut, terang VBL, Dinas Kesehatan Provinsi NTT saat ini telah melaksanakan kegiatan tes Hemoglobin (Hb) setiap tiga bulan sekali dan wajib konsumsi sarapan bagi peserta didik SMA/SMK. Kedua program tersebut, tambahnya, berguna untuk mendukung kesehatan dan peningkatan semangat belajar peserta didik.

 

Ia menambahkan sekolah bertujuan untuk membangun manusia yang berkualitas sehingga diperlukan hubungan kekeluargaan yang baik antara pihak sekolah dan peserta didik agar bisa dilatih menjadi manusia yang unggul. Membangun manusia sama halnya dengan membangun sebuah bangunan, sehingga dibutuhkan fondasi yang kuat. Untuk itu, tegas VBL, diperlukan restorasi pendidikan di Provinsi NTT secara baik bila ingin mewujudkan mimpi 30 tahun ke depan. Hal itu, sambungnya, harus dilakukan dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi serta dibarengi dengan peningkatan kompetensi guru.

 

“Pesan saya, kesehatan perlu dijaga untuk membentuk masa depan manusia-manusia unggul, saya himbau kepada Bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, dan Kepala Sekolah untuk bekerja sama melaksanakan kegiatan study tour bagi peserta didik. Jangan terpaku di dalam kelas, tetapi lakukan juga pembelajaran di luar kelas melalui kolaborasi bersama berbagai pihak,” harap VBL.



Di tempat yang sama, Bupati Malaka, Simon Nahak, menyampaikan terima kasih atas bantuan dan motivasi yang diberikan oleh Gubernur NTT. Menurutnya, pengetahuan adalah kekuatan dan melalui pendidikan, semua (kita) mampu berpikir untuk maju.

 

“Harapan saya , bantuan pendidikan yang telah diberikan bisa menjadi motivasi bagi kita untuk terus berdoa, bekerja keras, dan berkreasi,” pungkas Simon.

 

Untuk diketahui, sebelumnya di hari yang sama, Gubernur NTT didampingi Bupati Malaka melaksanakan Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) Pola Kemitraan Periode Tanam Oktober-Maret dan Penandaan Ternak Sapi di Desa Litamali, Kecamatan Kobalima. (Biro AP Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments