Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

DUKUNG GERAKAN SIKKA BELAJAR, 3 SEKOLAH DI SIKKA GELAR WORKSHOP LITERASI

 

(Suasana Workshop Literasi yang melibatkan 3 sekolah di Kabupaten Sikka)


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung Gerakan Sikka Belajar (GSB), 3 sekolah di Kabupaten Sikka, yakni SMP Negeri 1 Talibura, SMP Negeri Henga, dan SMP St. Antonius Boganatar menggelar Workshop Literasi bersama Cakrawala NTT selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (6-8/3/2023). Kegiatan tersebut juga didukung oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka.

 

Dalam laporan kepanitiaan, dijelaskan bahwa Workshop Literasi yang melibatkan 3 sekolah tersebut bertujuan untuk mendukung Gerakan Sikka Belajar yang telah dicanangkan oleh Dinas PKO Kabupaten Sikka. Gerakan tersebut lahir dari sebuah refleksi terhadap rapor pendidikan beberapa sekolah di Kabupaten Sikka yang masih jauh dari standar yang telah ditentukan.

 

Sementara itu, dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi, Kepala SMP Negeri 1 Talibura, Siti Nuraini Ajid, S.Pd., memberikan apresiasi atas terselenggaranya Workshop Literasi. Menurutnya, setiap sekolah sebenarnya sudah menjalankan program literasi, tetapi tidak semua terbiasa dengan literasi itu sendiri.



“Banyak peserta didik yang tahu membaca tetapi tidak bisa menulis. Begitu juga banyak para guru yang masih bingung untuk memulai ataupun mengakhiri sebuah tulisan. Orang yang sering membaca saja susah menulis apalagi orang yang sangat jarang membaca,” kata Nur.

 

Lebih lanjut, Nur mengharapkan kehadiran Cakrawala NTT sebagai salah satu lembaga yang berfokus penuh pada pendidikan dan literasi di NTT tersebut mampu membuat setiap peserta tergerak dan akhirnya mampu menggerakkan yang lainnya dalam gerakan literasi. 



“Mari bersama bergerak, tergerak, dan menggerakkan dalam jalan literasi!” ungkap Nur menutup sambutannya.

 

Untuk diketahui, kegiatan Workshop Literasi tersebut diikuti oleh para guru dan peserta didik dari setiap sekolah dengan jumlah total peserta 128 orang beserta Tim Formator Literasi Cakrawala NTT. (Frein/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments