Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

PEMERINTAH BAKAL GELAR ANUGERAH REVOLUSI MENTAL 2022

 

(Foto: Kemenko PMK)


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Pemerintah Indonesia, lewat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, bakal gelar Anugerah Revolusi Mental Tahun 2022. Anugerah Revolusi Mental 2022 merupakan apresiasi terhadap usaha dan upaya yang telah dilakukan oleh lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat atau gerakan komunitas yang melakukan perubahan secara nyata, terukur, inspiratif, dan berkelanjutan.

 


Anugerah  Revolusi Mental 2022 diberikan kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan telah  menjadi pelopor perubahan untuk berbagai simpul dan ranah perubahan yang telah dan  sedang berlangsung dalam masyarakat. Mereka yang mendapatkan Anugerah Revolusi Mental 2022 dinilai telah melakukan perubahan melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Anugerah Revolusi Mental 2022 ini adalah penganugerahan yang kedua setelah Anugerah Revolusi Mental 2019 lalu.

 


Ada 5 Kriteria Nominator Anugerah Revolusi Mental 2022. Pertama, masyarakat berkewarganegaraan Indonesia yang menjadi penggiat Revolusi Mental. Kedua, Instansi Pemerintah di tingkat provinsi, kabupaten/kota. Ketiga, lembaga yang berbadan hukum di Indonesia. Keempat, organisasi Masyarakat berkedudukan di Indonesia. Kelima, media yang berbadan hukum dan terdaftar di Dewan Pers. 

 


Pemberian Anugerah Revolusi Mental 2022 tersebut diberikan dengan memperhatikan berbagai unsur. Hal ini ditandaskan oleh Deputi Koordinator Bidang Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi. Unsur itu meliputi, satu, merupakan tindakan yang bersifat fundamental. Kedua, memberikan perubahan dan dampak positif (impactful) terhadap masyarakat. Ketiga, menghadirkan ruang-ruang keadilan sosial terhadap masyarakat sekitar.

 

“Melalui pemberian penghargaan ini seluruh pelaku atau agen perubahan bergerak secara simultan, integral, dan sistemik menyentuh seluruh elemen bangsa untuk mendorong terjadinya perubahan positif secara komprehensif dalam mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Didik.

 


Tim juri diketuai oleh anggota Tim Ahli Gugus Tugas Nasional (GTN) Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Prasetijono Widjojo. Ditegaskan Prasetijono ada lima kriteria kontribusi dan kinerja bagi yang terpilih. Pertama, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya perubahan mental negatif menjadi positif melalui wujud aksi nyata GNRM. Kedua, telah melaksanakan program berbasis pada core value/ nilai revolusi mental dan 5 (lima) program GNRM. Ketiga, telah berkontribusi secara aktif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran publik terhadap isu-isu dan tantangan kebangsaan. Keempat, telah membuat sistem/kebijakan/program/inovasi di bidang pelayanan kepada masyarakat baik yang bersifat preventif, deteksi dini, tanggap cepat maupun pemberdayaan. Kelima, telah turut memberikan sosialisasi dan diseminasi nilai dan program revolusi mental.

 


Pemerintah Daerah, Lembaga, Organisasi Masyarakat dan Media bisa langsung mendaftar melalui link https://anugerah.revolusimental.id/ untuk mengikuti seleksi. Pendaftaran dan upload berkas ditutup pada 8 Desember 2022. Seleksi tahap satu dan dua akan dilakukan pada 5 sampai 11 Desember 2022.  Seleksi tahap ketiga akan dilaksanakan pada 12 sampai 13 Desember 2022 dan seleksi akhir dilaksanakan 14 sampai 15 Desember 2022. Menurut rencana, Penyerahan Penghargaan Anugerah Revolusi Mental 2022 akan dilaksanakan pada 19 Desember 2022.

 


Seleksi akan dilengkapi dengan verifikasi lapangan, wawancara, dan presentasi. Seleksi tahap pertama berupa usulan peserta, verifikasi dan validasi kelengkapan  administrasi peserta. Seleksi tahap kedua berupa penilaian portofolio nominasi. Seleksi tahap ketiga adalah penilaian dan/atau seleksi yang terdiri dari penilaian dan  verifikasi lapangan yang dilaksanakan secara tatap muka. Penilaian Akhir adalah penetapan nominasi. 

 


Penilaian dilakukan secara objektif dan independen oleh Tim Juri yang di bentuk oleh  Kedeputian V Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi  Olahraga. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Keasdepan Revolusi Mental, Deputi V Kemenko PMK. (Kemenko PMK/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments