Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA NEGERI 3 MACANG PACAR GELAR PERESMIAN RUANG KELAS BARU

 

(Foto: Suasana upacara ritual adat peresmian ruang kelas  baru pada Kamis (13/10/2022) malam di SMA Negeri 3 Macang Pacar)


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, menggelar peresmian ruang kelas baru dengan pelaksanaan ritual adat pada Kamis (13/10/2022) dan Perayaan Ekaristi pada Jumat (14/10/2022) di halaman sekolah. Upacara ritual adat yang berlangsung pada Kamis malam tersebut turut dihadiri oleh beberapa tokoh adat sekitar dan seluruh guru beserta peserta didik SMA Negeri 3 Macang Pacar.

 

Upacara ritual adat tersebut bertujuan untuk memohon izin kepada leluhur dan pemilik tanah untuk selalu menjaga situasi, keamanan, dan kenyamanan, terutama terkait proses pendidikan yang berlangsung di SMA Negeri 3 Macang Pacar.



Kemudian keesokan harinya, diselenggarakan Perayaan Ekaristi sebagai puncak dari semua rangkaian upacara. Perayaan misa dimulai dari pukul 08.30 Wita sampai selesai yang dipimpin langsung oleh RD. Fransiskus Adi, selaku Pastor Paroki setempat.

 

Dalam khotbahnya, RD. Fransiskus mengatakan, “Keberadaan sebuah lembaga pendidikan di tengah masyarakat mesti disyukuri sebagai sebuah kemajuan. Kemudian tugas menjadi guru itu tidak mudah. Apalagi menjadi guru Tuhan, mesti berani untuk tampil bagaikan ragi yang tidak hanya tampil di luar melainkan juga harus benar-benar dari dalam jiwa dan hati.”


(Foto: RD. Fransiskus Adi saat memimpin Perayaan Ekaristi pada Jumat (14/10/2022) di SMA Negeri 3 Macang Pacar)

Setelah itu, perayaan pun dilanjutkan dengan pemberkatan gedung baru oleh RD. Fransiskus. Perayaan ini dihadiri pula oleh beberapa tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, tamu undangan, dan semua elemen sekolah sendiri. Seusai Perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan acara resepsi bersama yang diselingi dengan berbagai atraksi dari para peserta didik dan guru.

 

Kepala SMA Negeri 3 Macang Pacar, Fransiskus Saimon, dalam sambutannya, menuturkan bahwa penerapan prinsip sinergitas sangat penting dalam mengelola proses pendidikan di lembaga SMA Negeri 3 Macang Pacar, baik itu pihak sekolah maupun dengan para orang tua murid dan tokoh masyarakat untuk saling mendukung dalam bentuk material maupun moril.

 

Hal itu, tegasnya, berguna agar proses pembelajaran dan pendidikan yang berlangsung di SMA Negeri 3 Macang Pacar dapat berjalan dengan lancar dan aman. Beliau turut mengapresiasi partisipasi dari para tokoh masyarakat yang telah turut hadir dan mengambil bagian dalam setiap rangkaian acara, baik dalam ritual adat maupun dalam Perayaan Ekaristi.


(Foto: Kepala SMA Negeri 3 Macang Pacar, Fransiskus Saimon, saat membawakan sambutan)

“Inilah bentuk dari dukungan kita semua terkait keberadaan lembaga ini, yakni melalui kehadiran dan partisipasi kita selama proses rangkaian upacara baik ritual adat tadi malam hingga perayaan Misa yang berlangsung hari ini,” tutur Fransiskus.

 

Pantauan media, menutupi seluruh rangkaian upacara yang berlangsung hari itu, diadakan rekreasi bersama. Acara pun berakhir tepat pada pukul 15.30 Wita. (Konstantinus Aman/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments