Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MERIAHKAN BULAN BAHASA DAN PERINGATAN SUMPAH PEMUDA, SMPK ST. MARKUS GELAR ANEKA PERLOMBAAN

 

(Foto: Para peserta didik SMPK St. Markus Pateng-Rego, Kecamatan Macang Pacar, Manggarai Barat, melakukan pose bersama dengan para guru saat mengikuti rangkaian perlombaan) 


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Guna memeriahkan Bulan Bahasa dan Peringatan Sumpah Pemuda, Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) St. Markus Pateng-Rego, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, menggelar aneka perlombaan, seperti membaca puisi, pembawaan pidato, pementasan drama, publikasi Majalah Dinding (Mading), cerdas cermat, dan penyelenggaraan kelas kreatif.

 

Meski berada di daerah pelosok dengan segala keterbatasannya, seluruh warga SMPK St. Markus berhasil menunjukan eksistensinya dengan turut menyemarakkan Bulan Bahasa dan Peringatan Sumpah Pemuda melalui kegiatan-kegiatan yang positif selama 4 hari, yakni Senin-Kamis (24-27/10/2022).

 

Ketika diwawancarai oleh media ini, Kepala SMPK St. Markus, Modestus Lagam, menyampaikan bahwa setiap tahunnya, pihak sekolah selalu menyelenggarakan aneka perlombaan demi meningkatkan kemampuan dan mengasah keterampilan peserta didik melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif.

 

Ada banyak anak didik kami yang memiliki kemampuan berpidato, menulis dan baca puisi, serta kemampuan lainnya yang terkadang baru kelihatan pada saat mengambil bagian dalam perlombaan. Dalam keseharian di kelas, bakat-bakat luar biasa itu jarang muncul. Pada saat lomba, semuanya tereksplor secara luar biasa, ujar kepala sekolah yang biasa disapa Pak Mons tersebut.

 

Lebih lanjut, Mons menambahkan kegiatan perlombaan tersebut tidak hanya terjadi pada Bulan Bahasa dan Peringatan Sumpah Pemuda, tetapi juga pada peringatan acara besar lainnya, seperti Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pendidikan dan Kemerdekaan RI.

 

“Tetapi dalam dua tahun terakhir, kami memang mandek, tidak bisa melaksanakan kegiatan perlombaan karena wabah Covid-19 dan itu membuat kami sangat bersemangat untuk menjalankan lagi (perlombaan) di awal pembelajaran tatap muka tahun ini,” tambahnya.



Selain itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum SMPK St. Markus, Getrudis Lunur, menerangkan bahwa lembaga pendidikan SMPK St. Markus juga sangat menekankan aspek spiritualitas para peserta didik. Sebagai lembaga pendidikan Katolik, ujar Getrudis, pihaknya juga selalu mengadakan perlombaan di bidang rohani, seperti pada Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) yang berlangsung di setiap Bulan September.

 

Mengisi Bulan Kitab Suci Nasional mereka biasa selenggarakan perlombaan lektor, kuis kitab suci, narasi kitab suci serta mazmur. Ini semua mereka lakukan demi menyeimbangkan kemampuan siswa antara akademik serta spiritualitas,” pungkasnya. (Hiero. Arnodianto/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments