Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KADIS PK PROVINSI NTT KUNJUNGI SMA NEGERI 1 SOE

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Linus Lusi, melakukan kunjungan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Sabtu (1/10/2022). Kunjungan Kadis PK Provinsi NTT tersebut turut didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) pada Dinas PK Provinsi NTT, Ayub Sanam, dan Koordinator Pengawas (Korwas) Dikmen Kabupaten TTS, Junus Taloim beserta Sekretaris, Jimmy Pelle.  

 

Dalam arahannya, Linus menyampaikan bahwa harapan belajar para peserta didik di lembaga pendidikan tersebut harus tercapai demi meraih kesuksesan. Para guru, pintanya, wajib memperhatikan berbagai kebutuhan peserta didik, baik dalam segi minat maupun bakat, agar terus diasah dan ditingkatkan. Selain itu, tegas Linus, para peserta didik juga perlu dilatih untuk berwirausaha, sehingga tidak hanya mengandalkan pengetahuan semata.

 

Lebih lanjut, Linus juga memberikan apresiasi kepada semua pihak, terutama para orang tua peserta didik, yang telah menyumbangkan gedung megah tiga lantai untuk digunakan sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran. Untuk itu, Linus berharap agar semua komponen di sekolah tersebut bisa menjaga wibawa sekolah agar tetap eksis dan memiliki daya saing dengan sekolah lain di daerah tersebut.



Ketika diwawancarai media ini terkait hasil kejuaraan sekolah tersebut, baik di tingkat provinsi maupun nasional, Linus menuturkan bahwa Kepala SMA Negeri 1 Soe berhasil memainkan peran kepemimpinan di bidang akademik dan non akademik melalui sebuah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang komprehensif.

 

“Sehingga dengan pemetaan seperti ini menjadi garis komando tersistem sehingga pembinaan terpola seperti ini dan karakter keunggulan sebagai persyaratan mutlak sangat perlu karena SMA Negeri 1 Soe sebagai barometer di kabupaten memberi warna, model, dan contoh untuk sekolah-sekolah lain karena saya lihat Pak Yoram Issu sangat bertalenta, dibantu wakil kepala sekolah dan guru-guru juga siswa dan orang tua sehingga ini sebagai sebuah kredit point,” tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Soe, Jibrael Y. Issu, mengatakan bahwa sekolah yang dipimpinnya saat ini menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar untuk kelas X dan K-13 untuk kelas XI dan XII. Terkait prestasi yang dicapai oleh peserta didiknya, Jibrael menjelaskan bahwa untuk tahun 2022, peserta didiknya berhasil meraih beberapa prestasi di tingkat nasional, yakni baca puisi meraih medali perak atau juara 2 tingkat nasional serta Kompetensi Sains Nasional (KSN) Astronomi tingkat nasional dengan mewakili Provinsi NTT. Selain itu, sambungnya, salah satu peserta didik juga saat ini masuk dalam Tim Nasional Indonesia U-19.



Sedangkan, di sisi senada, Gilang Paoh, selaku Ketua OSIS SMA Negeri 1 Soe, mengatakan bahwa terdapat beberapa program kerja yang tengah dilakukan oleh para peserta didik, yakni English Club, English Course, dan program One Month-One Book.

 

“Program lainnya berupa melakukan razia, ada kewirausahaan agar terlatih berwirausaha, senam kesegaran jasmani setiap Jumat, bergotong-royong agar ada solidaritas dan saling menghargai, ada Majalah Dinding (Mading) Sekolah dan adanya Pekan Kegiatan Libur Besar (PKLB) setiap enam bulan,” ujarnya di depan Kadis PK Provinsi NTT. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments