Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

REFLEKSI HUT KE-77 RI: PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT

 

(Foto: Para guru pada saat Perayaan HUT Ke-77 RI)



Oleh : Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr

(Wakasek Kurikulum SMK Negeri 1 Ile Ape, Lembata)



CAKRAWALANTT.COM - Republik tercinta ini kini menginjak usia 77 tahun, sebuah rentang waktu yang tidaklah singkat. Semua elemen masyarakat dengan perbedaan latar belakang merayakan momentum besar tersebut dengan penuh sukacita. Di tengah riuh semaraknya HUT Ke-77 RI, masyarakat Indonesia terpanggil untuk kembali merefleksikan rasa nasionalisme dan patriotisme sebagai bukti cinta kepada tanah air. Selain itu, kecintaan terhadap bangsa ini juga harus dibangun di atas fondasi nilai-nilai budaya yang kuat.

 

Pada tahun (2022) ini, tema HUT Ke-77 RI adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema tersebut dipilih sebagai pedoman bagi Bangsa Indonesia usai pulih dari pandemi Covid-19 dan mencoba untuk bangkit lebih kuat dari sebelumnya. Kita semua harus bangkit, setelah adanya pandemi yang telah mengubah beberapa tatanan kehidupan kita, terutama dalam segi pembelajaran di kelas. Banyak kegiatan di sekolah yang gagal terlaksana, bahkan beberapa anak bangsa menjadi yatim akibat adanya pandemi ini.

 


Penulis mengajak kita semua untuk berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mohon restu dari leluhur agar pandemi segera berakhiri, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi kita semua untuk bangkit bersama dan membangun kembali apa yang telah sirnah.

 


Perjuangan para pahlawan bangsa terdahulu, untuk merebut kemerdekaan tentunya dengan bergelimangan darah dan mengorbankan nyawanya. Para pahlawan kala itu berjuang sekuat tenaga, agar anak cucunya bisa hidup merdeka. Meskipun para pahlawan berjuang mati-matian, tetapi tidak semua dari mereka dapat menikmati kemerdekaan tersebut.

 


Untuk itu, penulis mengajak kita semua, baik sebagai guru, pegawai, maupun peserta didik untuk sama-sama bangkit lebih kuat dari sebelumnya, sekuat pahlawan bangsa kita. Mari kita gunakan semangat juang para pahlawan kita untuk bangkit memperbaiki keadaan kita. Bangkit lebih kuat, pulih lebih cepat untuk tanah air kita.

 


Diri kita mungkin tak bisa mengubah dunia. Diri kita juga mungkin tak bisa mengubah Indonesia, tapi yakinlah bahwa kita bisa mengubah diri kita sendiri. Mari langkahkan kaki, ayunkan tangan, gerakkan badan, bergerak cepat, berpikir cerdas, bekerja tuntas, demi Indonesia yang lebih makmur, jaya dan sentosa. Lakukan apa yang bisa kita lakukan tanpa adanya paksaan.

 


Kita mungkin tak bisa meneruskan perjuangan para pahlawan yang begitu luar biasa. Tapi setidaknya, kita bisa membalas semua perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan ini dengan berbagai kebaikan, sesuai dengan tupoksi kita masing-masing di lembaga pendidikan masing-masing. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments