Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA NEGERI 1 ROTE SELATAN GELAR WORKSHOP LITERASI

 

Foto : Dokumentasi SMA Negeri 1 Rote Selatan.


Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rote Selatan menggelar Kegiatan Workshop Literasi bagi para guru dan peserta didik selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (2-4/6/2022). Kegiatan yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut dibuka secara resmi oleh Bunda Literasi Kabupaten Rote Ndao, Lona Apdiana Saek-Ngginak didampingi Kepala SMA Negeri 1 Rote Selatan, Joni Huan Saudale, SE dan perwakilan Tim Formator MPC NTT, Prof. Drs. Feliks Tans, M.Ed.,Ph.D.

 

Dalam sambutan pembukanya, Lona menuturkan bahwa aktvitas membaca semakin jarang dilakukan dewasa ini. Karena itu, ujarnya, para guru dan peserta didik harus mampu memanfaatkan waktu membaca secara baik atau minimal 15 menit sebelum Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) dilaksanakan. Untuk itu, harap Lona, melalui Kegiatan Workshop Literasi tersebut, giat membaca di lingkungan sekolah bisa dibangun kembali.

 

“Kita melaksanakan kegiatan literasi dalam hal ini literasi baca dan tulis sehingga karakter yang baik akan terbentuk. Generasi emas yang lahir dari Rote Ndao, khususnya di sekolah ini ke depannya haruslah berkarakter sesuai dengan visi SMA Negeri 1 Rote Selatan yang Berkarakter, Unggul, dan ASRI (Aman, Sehat, Rindang dan Indah). Setelah berkarakter baik, maka banyak penulis hebat yang lahir dari Rote Ndao,tandasnya.



Sementara itu, Joni selaku Kepala SMA Negeri 1 Rote Selatan mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Kegiatan Workshop Literasi tersebut merupakan bagian dari komitmen pihak sekolah untuk selalu mendoakan apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang didoakan.

 

“Membentuk karakter peserta didik tentunya tidak gampang namun sebagai guru kami adalah orang tua di sekolah kami juga harus menjadi guru yang berkarakter yang menjadi contoh dalam perilaku kami. Saya sangat berharap tiga hari ke depan guru, peserta didik, dan narasumber saling melengkapi dan berproses untuk menggapai mimpi kami menghasilkan peserta didik dan guru yang berkarakter,tukasnya.

 

Lebih lanjut, pada kesempatan yang sama, Prof. Feliks turut mengatakan bahwa kegiatan membaca dan menulis adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Melalui dua hal tersebut, sambungnya, akan lahir penulis-penulis hebat di kemudian hari bila dilakukan secara terus menerus.

 

Kabupaten ini adalah kabupaten hebat karena telah banyak menghasilkan orang hebat. Tentunya harus ada penerus yang lahir dari tempat ini dengan cara rajin membaca dan menulis. Membaca dan menulis menjadi kebiasaan yang mengakar tak dapat dipisahkan dari diri kita. Menjadi orang hebat dengan apa yang diimpikan, jangan memulai dengan mengatakan bahwa tidak bisa. Kita bisa jika kita mau dan ketekunan sepanjang hayat. Memanfaatkan segala kemajuan teknologi untuk hal bermanfaat. Tiga hari ini adalah kesempatan memperkuat motivasi dalam diri,” tutur Prof. Feliks yang juga merupakan Direktur Program Pascasarjana Undana Kupang.



Untuk diketahui, Kegiatan Workshop Literasi di SMA Negeri 1 Rote Selatan diikuti oleh seluruh guru dan perwakilan peserta didik sebanyak 25 orang. (Dian/MDj/red)


Post a Comment

1 Comments

  1. Mantap, Cakrawala NTT! Sukses selalu. Gb.

    ReplyDelete