Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA KRISTEN KESETNANA WAJIBKAN PESERTA DIDIK BERBUSANA ADAT SAAT PENGUMUMAN KELULUSAN

 

Kepala SMA Kristen Kesetnan, Eodia Oematan, S.Pd.SD.



TTS, CAKRAWALANTT.COM - Kepala SMA Kristen Kesetnan, Eodia Oematan, S.Pd.SD menerangkan bahwa pihaknya mewajibkan para peserta didik untuk berbusana adat saat mendengarkan pengumuman kelulusan di sekolah tersebut secara tatap muka. Hal itu disampaikan Eodia ketika ditemui oleh media ini di ruang kerjanya, Kamis (5/5/2022).

 

Eodia menambahkan kewajiban tersebut merupakan hasil diskusi dan kesepakatan Dewan Guru SMA Kristen Kesetnana. Para orang tua peserta didik, imbuhnya, juga turut menghadiri momen pengumuman kelulusan tersebut.  

 

“Kami Dewan Guru SMA Kristen Kesetnan menyepati untuk pengumuman kelulusan tahun ini dilakukan secara tatap muka dengan menghadirkan orang tua peserta didik di aula sekolah tersebut. Sedangkan, untuk peserta didik telah kita siapkan tenda sehingga hanya orang tua yang berada di dalam aula untuk mendengarkan hasil kelulusan,” jelasnya.

 

Selain itu, terang Eodia, penggunaan busana adat dalam momen kelulusan tersebut juga bertujuan untuk menghindari aksi mencoret baju seragam pasca pengumuman kelulusan. Hal itu, tandasnya, menjadi bagian penting dalam proses pendidikan karakter dan pembentukan mental generasi muda saat ini.

 

“Ini juga sebagai suatu pendidikan karakter agar mental anak-anak dibiasakan mencintai hal-hal yang baik, budaya dan menghidari tindakan kriminal,” tuturnya.

 

Sedangkan, secara terpisah, salah satu peserta didik yang tidak ingin menyebutkan namanya saat dikonfirmasi mengungkapkan, “Kita sudah berpakaian adat sehingga peluang untuk mencoret baju tidak ada kecuali sudah kembali ke rumah. Namun, jika sudah di rumah peluang bertemu teman-teman untuk coret baju sangat tidak mungkin terjadi,” ungkapnya. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments