Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PESERTA DIDIK DARI 4 SEKOLAH DI ROTE NDAO IKUTI WORKSHOP LITERASI

 

Foto : Para peserta didik saat mengikuti Kegiatan Workshop Literasi di SMK Negeri 1 Lobalain.



Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka mendukung program peningkatan budaya literasi di lingkungan sekolah, para peserta didik dari 4 sekolah di Kabupaten Rote Ndao, yakni SMK Negeri 1 Lobalain, SMK Swasta Lembang, SMK Swasta Pantai Baru, dan SMK Swasta Kencana Sakti mengikuti Kegiatan Workshop Literasi selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (30/5-1/6/2022). Kegiatan yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut digelar di SMK Negeri 1 Lobalain dan turut dihadiri oleh Duta Baca Indonesia, Gol A Gong.

 

Pada kegiatan tersebut, para peserta didik dituntun dan dibimbing untuk mampu membuat Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan ragam tulisan kreatif, seperti karya sastra, buku harian (diary), berita, dan autobiografi. Sebelum itu, para peserta didik diarahkan untuk mengikuti sesi “Katarsis Literasi” bersama Formator MPC NTT. Di dalam sesi tersebut, terdapat beberapa hal yang dilakukan, yakni menonton dan menyimak video, menuliskan surat untuk orang tua, dan menyembuhkan batin melalui pemberian motivasi.   

 

Untuk diketahui, jumlah peserta didik yang terlibat dalam Kegiatan Workshop Literasi tersebut adalah sebanyak 50 orang. Selain peserta didik, para guru dari keempat sekolah tersebut juga turut berpartisipasi dengan mengikuti sesi pelatihan dan bimbingan penulisan Karya Ilmiah Populer.



Pemberian Buku Gratis

 

Sebelum Kegiatan Workshop Literasi tersebut dilaksanakan, Duta Baca Indonesia, Gol A Gong menghibahkan buku gratis secara simbolis kepada Penggiat Literasi Keliling dari Polsek Lobalain, Bripka Sumantri yang diwakilkan oleh Kepala SMK Negeri 1 Lobalain, Kristian Isach, S.Pd dan Kepala SMK Swasta Lembang, Chornelis S. T. Lau, SE.

 

Pada kesempatan tersebut, Gol A Gong selaku Duta Baca Indonesia mengatakan, “Buku ini akan dibagikan kepada Bapak Sumantri untuk kemudian diteruskan kepada seluruh peserta didik dan warga saat mengadakan perpustakaan keliling.” (Imanuel Hartono, Peserta Didik Kelas X TKJ B SMK Negeri 1 Lobalain/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments