Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

FGL DAN PPMN KABUPATEN ENDE GELAR LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI

 

Suasana Lomba Cipta dan Baca Puisi Antar Taman Baca Se-Kabupaten Ende yang dilaksanakan di Taman Baca Anak Merdeka, Kelurahan Onekore, Kamis (28/4/2022).



Ende, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka merayakan Hari Puisi Nasional, Forum Giat Literasi (FGL) dan Perkumpulan Penulis Motivator Nasional (PPMN) Kabupaten Ende menggelar Lomba Cipta dan Baca Puisi Antar Taman Baca Se-Kabupaten Ende, Kamis (28/4/2022). Kegiatan yang bernaung di bawah tema “Aku Baca Aku Merdeka” tersebut dilaksanakan di Taman Baca Anak Merdeka, Kelurahan Onekore serta diikuti oleh anak-anak kategori Pra-Sekolah, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tergabung dalam Taman Baca FGL Kabupaten Ende.

 

Dalam wawancaranya bersama media ini, Ketua FGL Kabupaten Ende, Mario Capestrano Gesiradja, S.Pd.,Gr menuturkan bahwa perlombaan tersebut juga bertujuan untuk melihat potensi yang dimiliki oleh anak-anak sekaligus melatih mereka dalam menciptakan dan menghasilkan karya melalui kegiatan menulis.

 

“Kita berharap agar dengan adanya kegiatan perlombaan ini tentunya makin banyak anak di Kabupaten Ende yang ingin melatih menulis puisi hasil karyanya sendiri dan nantinya hasil karya anak-anak tersebut bisa dijadikan buku dalam bentuk kumpulan puisi atau cerpen,” tandas Mario.

 

Senada dengan Mario, Ketua PPMN Kabupaten Ende, Dr. Sri Wahyuni, S.P.,M.Si turut memberikan apresiasi terhadap pihak FGL Kabupaten Ende yang telah mendukung terselenggaranya lomba cipta dan baca puisi tersebut. Menurutnya, kegiatan positif tersebut mampu mendorong dan menggali potensi yang dimiliki oleh anak-anak secara lebih mendalam.  

 

Lebih lanjut, terang Sri, semangat penyelenggaraan kegiatan tersebut juga sesuai dengan visi PPMN Kabupaten Ende, yakni untuk mencipta dan menjaring para penulis dan motivator, baik pemula, amatir, maupun professional agar ke depannya dapat memajukan dan melahirkan cendekia yang kritis, kreatif, komunikatif, dan kompeten. Selain itu, tegas Sri, pihaknya juga akan terus mendorong pelaksanaan program 1 taman baca menghasilkan (minimal) 1 karya.


Ketua Forum Giat Literasi (FGL) Kabupaten Ende, Mario Capestrano Gesiradja, S.Pd.,Gr saat memberikan arahan. 
 

PPMN turut hadir bahkan menjadi dewan juri dalam perlombaan ini tentunya. Ini bertujuan untuk menyaring dan menyeleksi hasil karya peserta lomba agar nantinya hasil karya tersebut akan dijadikan buku. Buku tersebut akan diarsipkan dan juga dipublikasikan. Perlombaan ini juga merupakan agenda pertama dari PPMN Kabupaten Ende yang diselenggarakan setelah dibentuk pada tanggal 9 April 2022 lalu,” sambung Sri.

 

Sementara itu, Eryn Trisna Febriyanti selaku Dewan Juri menuturkan, “Anak-anak peserta lomba memiliki potensi yang besar dalam merangkai diksi-diksi sederhana khas anak menjadi sebuah tulisan yang indah. Walau butuh lebih banyak lagi proses belajar, tetapi sebagai sebuah permulaan tentunya layak diberikan apresiasi.”

 

Untuk diketahui, Kegiatan Perlombaan Cipta dan Baca Puisi Antar Taman Baca Se-Kabupaten Ende tersebut diikuti oleh 7 dari 12 Taman Baca di Wilayah Kabupaten Ende serta melibatkan 41 anak dari seluruh taman baca yang hadir. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments