Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BUPATI ROTE NDAO DUKUNG GERAKAN LITERASI SEKOLAH

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.



Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dan penumbuhan budi pekerti generasi bangsa, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, SE sangat berantusias dalam mendukung rencana Kegiatan Workshop Literasi Guru dan Peserta Didik SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Rote Ndao. Hal tersebut disampaikan Paulina di hadapan Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten Rote Ndao serta panitia  penyelenggara Kegiatan Workshop Literasi saat melakukan audiensi di ruang kerja Bupati Rote Ndao, Senin, (23 Mei 2022).

 

“Selaku Bupati dan mewakili seluruh masyarakat Rote Ndao, saya menyambut baik terobosan kreatif pihak MKKS SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Rote Ndao untuk menggelar Kegiatan Workshop Literasi sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam hal meningkatkan kompetensi guru dan pembentukan karakter peserta didik. Saya juga berbangga karena Duta Baca Indonesia, Gol A Gong akan hadir sebagai salah satu pemateri. Saya berharap para guru dan peserta didik dapat menggunakan kesempatan ini dengan baik agar mampu menghasilkan karya tulis yang bermutu,” ujar Paulina.

 

Ketika ditanyai komitmennya dalam hal mendukung Kabupaten Rote Ndao menuju Kabupaten Literasi, Paulina langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rote Ndao untuk segera merancang kegiatan serupa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah pertama (TKK, SD dan SMP).

 

“Saya minta pihak dinas pendidikan untuk berdiskusi dan merancang kegiatan serupa agar para guru dan peserta didik yang ada jenjang pendidikan dasar menerima manfaat yang sama. Kemampuan literasi khususnya dalam hal kebiasaan membaca dan keterampilan menulis menjadi syarat utama untuk berkembang maju di abad 21 ini. Mohon segera dirancang, saya menunggu jadwal kegiatannya,” tandas Paulina yang juga merupakan bupati perempuan pertama di Provinsi NTT.



Sementara itu, Korwas SMA/SMK dan SLB Kabupaten Rote Ndao, Max Yacob Oeina menyatakan rasa bangga dan terima kasihnya atas dukungan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao untuk menghidupkan budaya literasi sekolah di kabupaten paling selatan Indonesia terebut.

 

“Jujur, saya bangga sekali. Ibu Bupati Rote Ndao begitu semangat dan antusias dalam mendukung Kegiatan Workshop Literasi ini. Kita berharap kerja sama dan nafas sinergisitas-kolaborasi ini terus bertumbuh ke depannya,” ujar Max.



Untuk diketahui, Kegiatan Workshop Literasi dalam bentuk pendampingan penulisan karya ilmiah bagi guru dan peserta didik SMA, SMK dan SLB tersebut akan berlangsung dari tanggal 26 Mei sampai dengan 4 Juni 2022 di sembilan titik kegiatan yang melibatkan 21 SMA/SMK dan 1 SLB se-Kabupaten Rote Ndao. Kegiatan tersebut akan turut menghadirkan narasumber dari pihak Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT yang terdiri dari para dosen lintas kampus, para dosen Pascasarja Undana dan Komunitas Literasi Rumah Dunia. (Gusty/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments