Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BUPATI LEMBATA LANTIK 24 KEPALA SEKOLAH DAN 9 TENAGA FUNGSIONAL

 




Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday melantik dan mengambil sumpah jabatan 24 kepala sekolah dan 9 tenaga fungsional untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), serta Sekolah Menengah Pertama (SMP)  di Aula Kantor Bupati Lembata, Senin (27/12/2021). Dalam sambutannya, Bupati Thomas menegaskan agar para kepala sekolah dan tenaga fungsional yang dilantik bisa menjadi contoh dan teladan untuk memajukan dunia pendidikan.

 

“Ini artinya kalian harus mampu berbuat jujur di sekolah masing-masing dan mampu menolak semua intimidasi terhadap bawahan, serta bertanggung jawab dalam mengelola dana BOS, dana komite serta dana DAK,” tuturnya.

 

Untuk itu, sambung Bupati Thomas, dibutuhkan seorang kepala sekolah yang memiliki integritas dan tanggung jawab yang tinggi, serta mampu bersikap jujur dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Hal itu, imbuhnya, ibarat menjadi sapu yang bisa membersihkan semua sampah di dalam proses pendidikan guna meningkatkan mutu lembaga pendidikan yang dipimpin. Semua tuntutan tersebut, ujarnya, telah menyatu dalam diri para kepala sekolah yang dilantik tersebut.  

 

Selain itu, Bupati Thomas juga meminta agar para kepala sekolah bisa tinggal di tengah masyarakat guna memenuhi semua kebutuhan edukasi publik, baik dari aspek sosial, hukum, kesehatan, pendidikan, bahkan hingga persoalan politik. Semuanya itu, terangnya, menjadi tanggung jawab para kepala sekolah selaku tenaga pendidik untuk memberikan solusi penyelesaian bila dibutuhkan.

 

“Kepala sekolah untuk tinggal di masyarakat karena guru dianggap paling mengetahui segala macam soal, baik hukum, pendidikan, dan kesehatan selalu ditanyakan kepada guru. Saya minta kepala sekolah tinggal di kampung karena hari ini 1.843 balita mengalami stunting, gizi buruk, dan gizi rendah. Memang di sana ada bidan desa, kader PKK, tapi guru menjadi suluh di kampung, jadi contoh. Demikian juga masalah politik selalu ditanyakan kepada guru,” ujarnya.

 


Menjalankan Tugas dengan Amanah

 

Sementara itu, Bupati Thomas menerangkan bahwa prioritas utama yang dilakukannya setelah resmi menjadi Kepala Daerah Lembata adalah melantik para kepala sekolah, sebab menurutnya, pendidikan adalah aspek utama dan berharga dalam menunjang proses pembangunan. Oleh sebab itu, tandasnya, para kepala sekolah harus mampu menjalankan tugas yang telah diberikan dengan amanah.

 

“Pendidikan adalah aspek utama dan berharga dalam menunjang proses pembangunan. Ini adalah prioritas saya setelah dilantik menjadi Kepala Daerah Lembata, yakni melantik para kepala sekolah,” ungkapnya.

 

Ia berharap agar para kepala sekolah bisa bekerja dengan intensitas tinggi, membangun kolaborasi bersama pihak-pihak terkait, serta menjadi panutan yang patut untuk diteladani.

 

Pantauan media, acara pelantikan 24 kepala sekolah dan 9 tenaga fungsional tersebut berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lembata, Paskalis Ola Tapobali, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lembata, Anselmus Asan Ola, AP.,M.Si, seluruh jajaran SKPD lingkup Kabupaten Lembata, dan rohaniwan pendamping.

 

Berita dan Foto : Rofinus R. Roning

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments