Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PELAKSANAAN ANBK SMPN 3 PACAR BERJALAN BAIK


 


Mabar, CAKRAWALANTT.COM - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Pacar, Kabupaten Manggarai Barat berjalan baik. Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMPN 3 Pacar, Kornelius Irwandi, S.Pd, ketika diwawancarai media ini, Selasa (05/10/2021). Menurutnya, kelancaran pelaksanaan ANBK tersebut juga didukung oleh persiapan matang yang dilakukan saat kegiatan geladi bersih ANBK pada 15-16 September 2021 lalu.


Ia menuturkan ANBK merupakan penilaian terhadap mutu pendidikan di setiap sekolah. Mutu tersebut, ujarnya, dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik terhadap literasi dasar, yakni membaca, menulis, numerasi dan survei karakter. Selain itu, imbuhnya, penilaian pada proses asesmen tersebut juga merujuk pada kualitas proses belajar dan mengajar serta iklim pendidikan yang mendukung pembelajaran. Di samping itu, sambungnya, ANBK juga merupakan bagian penting dalam menjawabi setiap tuntutan perkembangan zaman, terutama ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini.


Lebih lanjut, terang Irwandi, proses sinkronisasi saat simulasi dan pelaksanaan asesmen sempat terkendala jaringan internet yang tidak stabil akibat hujan, tetapi bisa ditanggulangi secara baik oleh pihak sekolah. Dalam pelaksanaannya, imbuh Irwandi, pihak SMPN 3 Pacar menggunakan metode semi daring dengan jumlah peserta mencapai 45 orang dan 5 lainnya sebagai cadangan. Semua peserta ANBK tersebut, sambungnya, terbagi ke dalam tiga sesi pelaksanaan, dimana masing-masing sesi hanya diikuti oleh 15 orang peserta.   


Secara kelembagaan, Irwani turut memberikan apresiasi kepada pihak Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Macang Pacar yang telah mengizinkan SMPN 3 Pacar untuk menggunakan Laboratorium Komputer Sekolah guna menyelenggarakan geladi bersih pada 15-16 September 2021 hingga pelaksanaan ANBK pada 4-5 Oktober 2021.


Sementara itu, Proktor SMPN 3 Pacar, Yohanes Rubini mengungkapkan proses pelaksanaan ANBK hingga hari terakhir tidak mengalami kendala yang berarti, sebab fasilitas penunjang di SMAN 2 Macang Pacar cukup memadai. Selain itu, imbuhnya, para peserta didik telah terbiasa untuk mengoperasikan komputer, sehingga mampu menjalani ANBK secara baik. Lebih lanjut, pungkasnya, para peserta ANBK juga terlihat disiplin dalam menggunakan waktu di setiap sesi semi daring guna mendukung kelancaran ANBK tersebut.


Berita dan Foto : Yohanes Rubini/Hironimus Deo

Editor : Mario Djegho (red)

 


Post a Comment

0 Comments