Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

EDISON BOIMAU PIMPIN UPTD SMP NEGERI 2 SOE

Kepala UPTD SMP Negeri 2 Soe, Edison M. S. Boimau, S.Pd 

 


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Edison M. S. Boimau, S.Pd resmi memimpin Unit Pelakasana Teknis Dinas (UPTD) SMP Negeri 2 Soe. Hal tersebut berlaku pasca dilantik bersama 298 Kepala UPTD Jenjang TK, SD, dan SMP lainnya secara virtual oleh Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Egusem Pieter Tahun, Rabu (13/10/2021) lalu. Pria yang akrab disapa Edi tersebut pernah menjabat sebagai Kepala SMP Negeri Lotas dan SMP Negeri Batu Putih sebelum dilantik sebagai Kepala SMP Negeri 2 Soe. Selain itu, Edi juga merupakan ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/MTs tingkat kabupaten TTS.

 

Dalam wawancara bersama media ini seusai pelantikan, Edi turut memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten TTS yang telah mempercayakan dirinya untuk menjadi Kepala UPTD di SMP Negeri 2 Soe. Selain itu, Edi juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja sama yang baik bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kabupaten TTS dan para Pengawas SMP selama dirinya bertugas, sehingga bisa saling mendukung dan menunjang setiap tugas yang dijalankan.  

 

“Yang pertama tentunya saya mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas izin-Nya  sehingga saya bisa dilantik untuk berkarya di SMP Negeri 2 SoE. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati TTS, Bapak Kadis PK, Korwas dan para pengawas sekolah yang selau mendukung kami. Tak lupa juga saya menyampaikan terima kasih kepada orang tua dan juga keluarga yang selalu mendoakan saya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Edi menuturkan bahwa dirinya ingin memajukan dan mengembangkan proses pendidikan yang lebih baik di tempat tugasnya yang baru. Proses pendidikan tersebut, ujarnya, bisa berkembang dengan baik apabila budaya literasi di lingkungan pendidikan, terutama sekolah turut ditingkatkan. Maka dari itu, sambungnya, semua warga SMP Negeri 2 Soe harus mampu mengembangkan dan menguatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) guna meningkatkan mutu pendidikan. Hal itu, imbuhnya, bisa menjadi barometer untuk dunia pendidikan di Kabupaten TTS.    

 

Membangun SMP Negeri 2 Soe

 

Sementara itu, guna mewujudkan proses pendidikan yang berkualitas, papar Edi, dirinya akan melakukan pembenahan sekolah secara internal. Pembenahan tersebut, ujarnya, akan membawa SMP Negeri 2 Soe ke dalam sistem lembaga pendidikan yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sehingga para guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik harus mampu menguasai TIK secara baik. Hal itu, imbuhnya, bisa terwujud karena letak SMP Negeri 2 Soe yang sangat strategis, terutama dalam proses pengadaan jaringan internet yang memadai.   

 

Di lain pihak, Edi juga menekankan bahwa dirinya akan mengimplemetasikan lima tuntutan kompetensi yang ditekankan oleh Bupati TTS saat prosesi pelantikan, yakni kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial. Menurutnya, lima kompetensi tersebut harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah agar mampu menata sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah berbasis MBS (Manajemen Berbasis Sekolah).

 

Selain itu, terkait pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Edi sangat menekankan aspek transparansi, baik dari tahap penyusunan RKAS hingga pengelolaan dana BOS. Bila semua prosedur tersebut terkesan jelas dan transparan, lanjut Edi, maka wajah sekolah dan proses peningkatan mutu pendidikan di dalamnya bisa mengalami perubahan yang signifikan. Maka dari itu, tegas Edi, kerja sama dan dukungan dari semua pihak, baik guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua atau wali beserta masyarakat sekitar sangat dibutuhkan untuk mewujudkan proses pembangunan SMP Negeri 2 Soe yang berkualitas.

 

Teks dan Foto : Lenzo Asbanu

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

1 Comments

  1. Mantap sekali.. semoga rencana ini tidak mengalami hambatan

    ReplyDelete