Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

RAYAKAN HUT KE-76 RI, SMAS FRATER DON BOSCO LEWOLEBA ADAKAN LOMBA VIRTUAL


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI), Sekolah menengah Atas Swasta (SMAS) Frater Don Bosco Lewoleba, Lembata mengadakan perlombaan secara virtual. Kegiatan perlombaan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala SMAS Frater Don Bosco Lewoleba, Fr. Norbertus Banusu, CMM, M.Pd, Senin (16/08/2021). Kegiatan yang juga bertujuan untuk mengembangkan kegiatan literasi sekolah di masa pandemi tersebut berlangsung sejak Senin hingga Kamis (16-19/08/2021) melalui aplikasi melalui Zoom Meeting dan siaran live streaming di kanal Youtube sekolah smasfrater dbl.

Dalam sambutan pembukanya beberapa waktu lalu, Fr. Nobertus menuturkan bahwa kegiatan perlombaan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan RI di lingkungan pendidikan SMAS Frater Don Bosco Lewoleba tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut, jelasnya, disebabkan oleh situasi pandemi Covid-19 yang membatasi semua kegiatan tatap muka. Dengan demikian, sambungnya, pihak sekolah mengadakan kegiatan perlombaan secara virtual dengan melibatkan semua peserta didik, sekaligus menumbuhkan dan meningkatkan semangat literasi di tengah pandemi.       

“Pada kesempatan ini saya ingin menegaskan kepada seluruh peserta didik bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi kita baik kemampuan menulis maupun berbicara sehingga saya berharap agar peserta didik yang tidak ikut ambil bagian dalam perlombaan ini tetap mengikuti seluruh rangkaian kegiatan perlombaan ini dari rumah agar mampu meningkatkan kemampuan literasi masing-masing. Kegiatan ini berguna untuk menumbuhkan literasi baik dengan membaca atau menulis, maupun dengan mendengar atau menonton kegiatan literasi” harapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan sekaligus Ketua Panitia Perlombaan, Reneldis R. D. Lengari, S.Pd, Gr juga mengharapkan agar para peserta didik bisa terlibat aktif di dalam kegiatan tersebut guna mengembangkan semua potensi dan kualitas diri secara efektif pada masa pandemi.



Apresiasi Bagi Peserta Lomba

Lebih lanjut, kegiatan perlombaan yang berlangsung selama tiga hari tersebut terdiri atas Lomba Baca Puisi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bagi peserta didik kelas X yang diadakan pada Senin (16/08/2021); Lomba Berpidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bagi peserta didik kelas XI yang diadakan pada Rabu (18/08/2021); serta Lomba Debat untuk kelas XI yang diadakan pada Kamis (19/08/2021).

Di akhir kegiatan, pihak sekolah memberikan apresiasi berupa uang pembinaan kepada semua peserta didik yang berhasil meraih peringkat terbaik di semua kategori perlombaan dengan total hadiah sebesar Rp.4.500.000,00. Di sisi lain, pada kategori umum atau Lomba Cipta Puisi, pihak panitia akan menerbitkan buku antologi bersama bagi semua puisi yang lolos tahap kurasi. 

 

Berita dan Foto : Feliksianus Ama S.Pd

Editor : Mario Djegho (red)

Post a Comment

0 Comments