Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SEMINAR PTK MENGUJI KOMPETENSI GURU



Lembata, CAKRAWALANTT.COM – Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sesungguhnya merupakan wadah untuk menguji kompetensi seorang guru. Hal ini disampaikan Kepala SDK Aliuroba, Dominikus Nuba Lokangleu, S.Pd., ketika membuka Seminar PTK di aula SDK Aliuroba, Senin (31/5/2021).


Dominikus menuturkan, bagi guru-guru khususnya guru PNS, PTK menjadi hal yang wajib dipersiapkan sebagai salah satu syarat utama pengusulan kenaikan pangkat. Karena itu selaku pimpinan sekolah, ia selalu memacu guru-gurunya agar tekun dalam menulis karya ilmiah termasuk PTK.

 

Tujuan utama dari PTK bagi seorang guru PNS merupakan bagian yang penting dalam kerangka pendidikan dasar hingga menengah di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan legalitas profesi guru dan doesn pada perguruan tinggi yang diatur dalam bentuk Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,” ungkapnya.


 

Martinus Rawi selaku narasumber dalam Seminar PTK tersebut memaparkan dua PTK yang dilakukan di dua kelas berbeda yakni, kelas IV dengan jumlah siswa 10 orang dan kelas V dengan 19 siswa. Penelitian tersebut berlangsung selama enam bulan.

 

PTK yang pertama dengan judul Pembelajaran Agama Katolik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas IV SDK Aliuroba Kabupaten Lembata. Sementara PTK kedua bejudul Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tentang Tempat Ibadah bagi Siswa Kelas V SDK Aliuroba melalui Penerapan Metode Jigsaw Berbasis Gambar,” tuturnya.

 

Pantauan media, seminar ini dihadiri 18 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan. Tampil sebagai moderator yakni, Stanislaus Tawe, S.Pd. Sementara Tim Penguji PTK I yakni, Enerensiana Lakaq, S.Ag., dan Leonardus Marang, S.Ag., serta Tim Penguji PTK II yakni, Ambrosius Erun, S.Ag., dan Arnoldia Maria Yanti Bola, S.Ag.

 

Berita & Foto: Rofinus R. Roning

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments