Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

HASIL KELULUSAN SMPN SATAP PADAMMU SANGAT MEMUASKAN


Sumba Timur, CAKRAWALANTT.COM –
SMPN Satu Atap (Satap) Padammu, Umalulu, Kabupaten Sumba Timur berhasil meraih hasil kelulusan yang sangat memuaskan bagi peserta didik kelas IX. Hal tersebut diutarakan oleh Kepala SMPN Satap Padammu, Imelda Desi Medo Wadu, S.Pd., ketika diwawancarai media ini beberapa waktu lalu.

 

Ia mengungkapkan bahwa setelah melewati mekanisme pemeriksaan dan penilaian dari tingkat kabupaten hingga sekolah, peserta didik SMPN Satap Padammu berhasil memperoleh rerata nilai atau hasil evaluasi belajar di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, jelasnya, semua peserta didik kelas IX berhasil memperoleh kelulusan untuk beranjak ke jenjang pendidikan berikut.  

 

“Seluruh peserta didik kelas IX SMPN Satap Padammu, Umalulu berhasil meraih hasil kelulusan yang sangat memuaskan. Setelah melewati mekanisme pemeriksaan dan penilaian di Kabupaten hingga sekolah, peserta didik tersebut dinyatakan lulus dengan nilai yang berada di atas standar KKM,” jelasnya.

 

Proses pelaksanaan ujian akhir sekolah, tuturnya, harus dilalui secara bartahap sejak disepakatinya berbagai ketentuan kelulusan di masa pandemi oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP. Dari hasil kesepakatan tersebut, sambungya, diperoleh mekanisme penilaian antara dua pihak, yakni tingkat kabupaten dan sekolah. Lebih lanjut terangnya, dalam penyusunan soal ujian, pihak Kabupaten menganbil alih 7 mata pelajaran, seperti; Pelajara Agama, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan, pihak sekolah, jelasnya, mengambil porsi untuk 3 mata pelajaran, yakni; Seni Budaya, Prakarya, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Ia menambahkan bahwa pembagian porsi tersebut disepakati agar proses pelaksanaan dan penilaian ujian akhir sekolah bisa terjadi secara serentak dimana pihak sekolah.

 

Pelaksanaan UAS Sesuai Prokes

 

Dalam pelaksanaan UAS di SMPN Satap Padammu, Umalulu, Imelda menuturkan bahwa pihaknya menyesuaikan seluruh proses yang terjadi berdasarkan surat edaran Bupati Sumba Timur terkait protokol kesehatan (prokes). Untuk itu, imbuhnya, pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan satgas Covid-19 setempat guna memperlancar proses pelaksanaan ujian.


 

Oleh karena itu, lanjut Imelda, pihaknya melakukan terobosan baru dimana para peserta didik diundang ke lingkungan sekolah secara tatap muka di pagi hari sembari mengikuti arahan panitia dan pengawas ujian selama 30 menit. Setelah itu, jelasnya, para peserta didik akan diberikan Lembar Jawab Komputer (LJK) beserta soal ujian dan kemudian dibawa kembali ke rumah untuk dikerjakan. Soal dan LJK tersebut, sambungnya, akan diambil kembali oleh pihak panitian untuk disortir dan dikirimkan ke pihak Kabupaten beserta berita acara ujian.   

 

“Kami melakukan proses ujian sesuai prokes dengan tetap berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan satgas Covis-19 setempat. Proses pelaksanaan ujian pun kami lakukan dengan cara yang baru, yakni para peserta didik akan mengambil LJK dan soal ujian di sekolah serta menerima arahan dari panitia dan pengawas ujian. Kemudian peserta didik akan mengerjakannya di rumah dan akan diambil kembali oleh panitia ujian untuk disortir dan dikirimkan ke pihak Kabupaten dengan berita acara ujian, pungkasnya.

 

Berita: Mario Djegho

Foto-foto: Dokumentasi SMPN Satap Padammu

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments