Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

DONASI PGRI FLOTIM DI ADONARA, PERJUANGAN YANG TIDAK MUDAH


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM –
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Flores Timur (Flotim) untuk sekian kalinya melakukan kunjungan ke lokasi bencana dan titik pengungsian untuk mendonasikan bantuan kepada korban yang terdampak badai seroja. Minggu (6/6/21), PGRI Flotim bersama PGRI Cabang Adonara Barat, Ile Mandiri, Ile Bura, dan Cabang Solor Barat, berkunjung ke pelosok Adonara Barat tepatnya di Desa Nimun Danibao. Kunjungan PGRI Flotim kali ini adalah titik ketiga belas, termasuk dua lokasi di Kabupaten Lembata.

 

Menjangkau Desa Nimun Danibao memang tidak mudah seperti yang dibayangkan. Jalannya menanjak dan rusaknya sangat parah. Beberapa ruas jalan terputus dan warga setempat bergotong royong membuat jembatan darurat. Pengendara mesti ekstra berhati-hati, sebab jika tidak seimbang bisa jatuh tercebur di sisi kiri atau kanan jalan yang sangat curam.

 

Awal bencana, menurut keterangan Kepala Desa Nimun Danibao, Robertus Sura Buto, hampir seminggu masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas keluar masuk desa karena beberapa titik jalan putus total.

 

"Kami sangat kewalahan di awal, jalan putus, listrik padam, informasi keluar tidak bisa dilakukan. Di tempat kami memang perhatian sangat terlambat, donasi yang diterimapun masih sangat kurang. Delapan Kepala Keluarga (KK) yang terdampak hingga hari ini belum juga mendapat perhatian pembangunan rumah baru untuk ditempati. Memang sudah ada pengukuran lokasi dari pihak terkait, namun hingga hari ini, belum ada realisasi," ungkap Kades.

 

Bantuan Sembako dan Kelas Edukatif

 

PGRI Kabupaten Flores Timur diterima oleh pemerintah desa, keluarga korban bencana dan masyarakat Desa Nimun Danibao. Donasi yang diberikan oleh PGRI Flores Timur di antaranya sembako, peralatan dapur, busana, permainan anak-anak, dan lain-lain. Peyerahan bantaun langsung diberikan oleh Pengurus PGRI Kabupaten Flores Timur dan Pengurus Cabang, diterima langsung oleh masing-masing kepala keluarga (KK) yang terkena dampak. Selain menyerahkan bantuan berupa barang, PGRI Flores Timur juga menciptakan kelas edukasi dalam mendampingi anak-anak untuk berbagai permainan edukatif.


 

Kepala Keluarga yang menerima bantuan langsung dari PGRI Flores Timur di antaranya, Thomas Laba, Albertus Kopong, Aben Wungubelen, Merliana Terlin, Tarsisius Payong, Yoseph Kopong Murni, Petrus Rat, dan Benediktus Tuan Keroko. Kedepalan Kepala Keluarga ini rumahnya hilang dan sebagian rusak berat tidak bisa ditempati.

 

Pantauan PGRI Flores Timur, wilayah di Desa Nimun Danibao dan sekitarnya, tanaman apa saja yang ditanam pasti tumbuh karena wilayah ini memiliki curah hujan yang tinggi.

 

 "Air melimpah, PLN sudah menjangkau, jaringan internet baik. Hanya satu yang kami doakan, kami harapkan dan mimpikan yakni jalan. Jika jalan sudah baik, semua potensi di daerah kami bisa dengan mudah didistribusikan ke pasar. Pastinya mampu menggenjot perekonomian warga," kata Kades Nimun Danibao.

 

Teks & Foto: PGRI Flores Timur

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments