Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

YACOBUS YIWA: GERAKAN LITERASI SIAPKAN GENERASI EMAS


Sumba Timur, CAKRAWALANTT.COM
Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Sumba Timur, Yacobus Yiwa, S.H., mengungkapkan, sudah saatnya semua pihak bergerak dalam menghidupkan gerakan literasi termasuk di lingkungan sekolah. Gerakan literasi, tegasnya, sangat penting dalam upaya menyiapkan generasi emas Indonesia khususnya NTT dan Sumba Timur.

 

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan bertajuk Sosialisasi Workshop Literasi Menuju Sumba Timur Kabupaten Literasi yang digelar di Aula Setda Kabupaten Sumba Timur, Selasa (25/5/2021).

 

“Bapak ibu kepala sekolah, mari kita sama-sama menghidupkan gerakan literasi di sekolah untuk menyiapkan generasi emas Sumba Timur di masa mendatang. Gerakan literasi merupakan gerakan bersama, semua pihak harus bergerak baik itu pihak sekolah maupun pemerintah dan juga pihak-pihak lain yang mendukung kegiatan literasi untukk mendukung terwujudnya Sumba Timur sebagai Kabupaten Literasi,” ungkapnya.

 

Dalam konteks itu, lanjutnya, Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT merupakan mitra pemerintah Kabupaten Sumba Timur untuk membantu sekolah-sekolah mengembangkan budaya literasi di sekolah, menumbuhkan minat membaca dan menulis bagi guru dan peserta didik.


 

Senada dengan itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Ruben Nggulindima, S.Sos., M.Pd., menegaskan bahwa membaca dan menulis bagi guru di sekolah bukan hanya sebagai tuntutan kenaikan pangkat tetapi cara untuk mengetahui apa saja yang sudah dilakukan dalam proses belajar mengajar di kelas. Membaca membuat seoarang guru menemukan inovasi pembelajaran, menulis salah satu cara merefleksikan inovasi pembelajaran.

 

“Membaca dan menulis bagi guru bukan hanya tuntutan kenaiakan pangkat tetapi dengan membaca seoarang guru akan menemukan inovasi pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Dengan menulis guru dapat merefleksi inovasi pembelajaran tersebut apakah berhasil atau tidak,” tegasnya.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh para kepala sekolah dari jenjang SD sampai SMA, juga perwakilan dari perguruan tinggi yakni, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba. Sementara yang hadir dari pihak MPC NTT yakni, Gusti Rikarno, S.Fil., (Direktur) dan Mustakim, M.M (Formatur). Hadir pula Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Syaiful Bahri Lubis, S.S., M.A., yang bergabung secara virtual.

 

Berita & Foto: Takim

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments