Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TEACHNSPIRE INDONESIA SIAP GELAR LOKAKARYA DI OESENA


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM –
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di daerah pedalaman, Teachnsipre Indonesia siap menggelar lokakarya di Desa Oesena, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang. Lokakarya bertajuk “Guru Berkarya, Generasi Berkarya” ini sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 15 – 22 dan 29 Mei 2021 mendatang.

 

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Lokakarya, Eirene Christa Luturmas, S.Pd., saat temu virtual bersama tim relawan daerah NTT, Senin (10/5/21). Lokakarya ini akan melibatkan 50 guru dari jenjang TK – S \MA dari sekolah-sekolah yang ada di wilayah Desa Oesena.

 

Desa Oesena dipilih sebagai lokasi lokakarya Teachnspire Indonesia karena termasuk salah satu daerah dengan angka putus sekolah yang cukup tinggi di NTT. Menurut Eirene, banyak anak di Desa Oesena yang dengan sadar memilih untuk berhenti sekolah demi membantu orang tua dengan cara bertani atau menjaga ternak.

 

Merasa prihatin dengan kondisi ini, Teachnspire Indonesia terpanggil melakukan kegiatan pemberdayaan guru-guru di Desa Oesena. “Program ini hadir untuk memberdayakan sekolah, terutama para guru dalam menghadirkan pembelajaran yang kontekstual dan responsif terhadap budaya lokal. Hal ini penting dilakukan demi meningkatkan prioritas dan partisipasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan anak akan pendidikan formal,” jelas Eirene.

 

Lebih lanjut dikatakannya, lokakarya ini secara spesifik bertujuan untuk memanfaatkan lingkungan sekitar (alam dan masyarakat) sebagai sumber belajar, merancang metode mengajar yang peka terhadap nilai budaya setempat dan memfasilitasi hubungan timbal balik antara sekolah dan masyarakat.

 

Program pemberdayaan guru pedalaman yang digelar Teachnspire Indoensia ini merupakan hasil pelatihan Active Citizen dan terpilih sebagai penerima Seed-Funding dari British Council dan Yayasan 1000 Guru.

 

Berita & Foto: Baldus Sae

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments