Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SYAIFUL BAHRI LUBIS APRESIASI PEMKAB MANGGARAI TIMUR

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Syaiful Bahri Lubis, ketika menghadiri peringatan Hardiknas dan Peluncuran Manggarai Timur sebagai Kabupaten Literasi, Senin (3/5/2021)

Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM –
Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Syaiful Bahri Lubis, S.S., M.A., mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yang telah menaruh perhatian penuh bagi gerakan literasi di daerah tersebut. Hal ini disampaikannya ketika menghadiri peringatan Hardiknas dan Peluncuran Manggarai Timur sebagai Kabupaten Literasi, Senin (3/5/2021).

 

"Ini akan menjadi hal baik yang akan dicontoh oleh kabupaten-kabupaten lain di NTT karena di momen yang sangat tepat ini ketika Bapak Menteri Nadiem Makarim kemarin juga berdua bersama Bapak Presiden Jokowi melakukan kegiatan dan disiarkan dan ditonton oleh jutaan masyarakat Indonesia. Salah satu point penting disampaikan di sana adalah bagaimana program-program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sebenarnya program nasional kemudian bisa diteruskan, bisa diterjemahkan dengan baik oleh para pemangku kepentingan di daerah,” ungkapnya.

 

Khusus Manggarai Timur, Syaiful menyebut terdapat tiga tantangan terberat. Pertama, jelasnya, Manggarai Timur masih tergolong sebagai kabupaten yang relatif muda. Terhitung sejak 2007 sampai sekarang masih terlalu muda untuk sebuah kabupaten tetapi bisa melakukan terobosan.

 

Kedua, lanjut Syaiful adalah Manggarai Timur merupakan kabupaten yang cukup luas wilayahnya dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lainnya. Ketiga, pembelajaran masa pandemi covid-19. Ini juga menjadi tantangan bagi kita, bagaimana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bisa menyahuti tantangan ini sehingga teman-teman di sekolah bisa melakukan sebuah gebrakan baru agar anak-anak bisa tetap belajar dengan baik.

 

“Sebenarnya inilah salah satu tujuan literasi. Sebagai contoh, apa yang sudah kita lakukan hari ini, tadi sebenarnya luar biasa. Apakah yang tadi itu bagi Bapak Ibu biasa-biasa tapi bagi saya tadi itu sudah sebuah proses pembukaan yang luar biasa. Saya memang dari awal sampai akhir menyimaknya dengan baik, sayangnya yang melihat itu hanya kita-kita saja yang ada di sini, kalau misalnya masyarakat bisa melihat itu tentu mereka juga cukup menikmati sajian tarian,” tuturnya.

 

Ia berharap agar kegiatan yang sangat berharga ini juga dapat disiarkan kepada masyarakat luas. Mudah-mudahan tim humas bisa mengemas ini menjadi sebuah sajian yang merupakan bagian dari literasi digital, pesannya.

 

“Saya senang mendapat undangan dari Pak Bupati, beliau sudah membuka terobosan baru, saya sangat bangga ikut menggelorakan, secara simbolis Bapak Bupati sudah menancapkan di bumi Manggarai Timur ini api literasi, tetapi bagaimana caranya api itu tetap menyala dengan baik dan tersebar ke seluruh masyarakat,” pungkasnya.

 

Berita dan Foto: Ino/ Takim

Editor: R. Fahik/ red

Post a comment

0 Comments