Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

JOHANES JONES: SUDAH SAATNYA BERGERAK BERSAMA


Sikka, CAKRAWALANTT.COM –
Kepala SMAN 1 Maumere, Johanes Jones, S.Pd., mengungkapkan, sudah saatnya kita bergerak bersama untuk mewujudkan pendidikan yang revolusioner di NTT. Salah satu caranya yakni menjadikan sekolah kita sekolah literasi.

 

“Sudah saatnya bahwa memang kita harus bergerak bersama untuk mewujudkan harapan pendidikan yang revolusioner di NTT dengan menjadikan sekolah kita sekolah literasi. Dan itu tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Kita harus berkolaborasi dengan banyak pihak, salah satunya MPC ini,” ungkapnya ketika ditemui tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Rabu (5/5/2021) di ruang kerjanya.

 

Lebih lanjut, Johanes menegaskan bahwa perkembangan zaman sudah sangat maju dan cepat.  Apalagi sekarang kita sudah masuk era digital 4.0. Karena itu para guru dan pimpinan sekolah harus berubah menguikuti perkembangan zaman tersebut dan harus meninggalkan kebiasaan- kebiasaan lama.

 

“Sudah saatnya guru dan pimpinan sekolah berubah dengan perkembangan yang begitu maju dengan cepat dimana kita sudah masuk pada era 4.0 ini. Jadi kalau kita masih tetap dengan kebiasaan-kebiasaan lama bagaimana kita bisa maju?” tegasnya.

 

Peran Kepala Sekolah

 

Johanes juga menekankan peran seorang kepala sekolah untuk mendukung dan proaktif dalam merancang program peningkatan mutu serta motivasi guru dan siswa dengan cara berliterasi. Selama ini yang terjadi hanyalah budaya lisan, itu tidak akan bertahan lama.

 

“Yang kita butuhkan di sekolah yaitu budaya baca dan tulis. Seorang guru yang rajin membaca akan banyak mengahasilkan banyak referensi dalam prores belajar mengajar dan ketika guru itu menulis tentang proses belajar mengajar di kelas ini juga menjadi refleksi untuk meningkatkan mutu pengajarannya di kelas, yang pada akhirnya life skill siswa akan terbentuk dari proses yang dilakukan guru tadi,” jelasnya.

 

Di akhir uraiannya, Johanes menegaskan bahwa hadirnya MPC NTT di tengah tuntutan zaman ini sudah sangat membantu guru dan siswa untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Bimbingan yang dilakukan MPC NTT untuk guru dan siswa akan menghasilkan karya monumental yang akan dikenang nanti oleh generasi berikut.

 

“Guru harus bisa berpikir menghasilkan karya monumental, tulisan ini akan tetap abadi kalau guru bisa menghasilkan tulisan. Besok atau lusa pun kalau dia tidak ada tapi karya itu ada sehingga kita bergerak bersama menghasilkan karya itu. Jadi harus berpikir besar,” tegasnya


 

Senada dengan itu, Wakasek Humas SMAN 1 Maumere, Petrus Roni, S.Sos., menjelaskan bahwa SMA N 1 Maumere akan terus bekerja sama dengan MPC NTT dalam mengembangkan budaya literasi di sekolah. Dengan demikian Gerakan Literasi Sekolah bukan sekadar wacana tetapi dilaksanakan.

 

“Kami akan terus bekerja sama dengan MPC NTT dalam mengembangkan nudaya literasi di sekolah sehingga Gerakan Literasi Sekolah bukan sekadar wacana tetapi dilaksanakan. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun karena ini menjadi program tetap dari sekolah,” katanya.

 

Berita dan Foto: Takim/ Ino

Editor: R. Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments