Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DINAS PKO MATIM DUKUNG TBM LENTERA ILMU


Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM –
Dinas Pendidikan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) mendukung hadirnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Ilmu di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas PKO Matim, Rofy Hibur Hijau, M.Pd., ketika menerima kunjungan dari TBM Lentera Ilmu di kantornya, Rabu (5/5/2021).

 

Rofy mengungkapkan bahwa setelah Manggarai Timur sebagai Kabupaten Literasi pada Senin (3/5/2021) lalu oleh Bupati Agas Andreas, sekiranya api literasi tumbuh dan bercahaya lingkungan Masyarakat Manggarai Timur. Pemerintah daerah, selain mendukung pendidikan formal juga memberi perhatian bagi pendidikan non-formal seperti TBM, Rumah Baca, Rumah Pintar dan lain sebagainya.

 

“Saya menyambut baik anak-anak muda Manggarai Timur sudah berpikir melampaui generasi lewat kreativitas dan inovasi di masyarakat melalui TBM. Hari ini kami sangat senang mendapat kunjungan dari TBM Lentera Ilmu. Kami tentunya mendukung dengan mendonasikan buku bacaan sesuai kebutuhan anak-anak dan masyarakat di TBM Lentera Ilmu," kata Rofy.

 

Rofy berharap kehadiran TBM Lentera Ilmu dapat menumbuhkan minat membaca anak-anak dan masyarakat. “Saya berharap kehadiran TBM Lentera Ilmu membuka ruang untuk menumbuhkan minat membaca, ruang kreativitas anak-anak, latihan menulis dan lainnya. Dengan demikian, kita yakin sumber daya manusia meningkat,” harapnya.

 

Pembina TBM Lentera Ilmu, Yohanes Harmin Sahaja kepada media ini mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemda Manggarai Timur yang sudah membuka pintu menyambut TBM Lentera Ilmu.

 

“Hari ini adalah langkah awal yang baik bagi kami menyalakan api literasi di masyarakat. Dinas PKO menyambut baik langkah yang kita ambil dan berjanji akn menyalurkan buku-buku bacaan buat TBM Lentera Ilmu,” ungkap Yohanes.

 

Lebih jauh, Direktur Posflores Cyber Media ini menuturkan bahwa latar belakang berdirinya TBM Lentera Ilmu adalah untuk mendukung Kabupaten Manggarai Timur sebagai kabupaten Literasi dan mau berkarya bagi masyarakat di desa.

 

“Latar belakang  hadirnya TBM Lentera Ilmu adalah mendukung Kabupaten Manggarai Timur sebagai Kabupaten Literasi di NTT dan demi menambah wawasan atau pengetahuan masyarakat di pedesaan yang belum atau tidak memiliki wadah untuk menggali segala informasi terkini dan yang akan datang. Sehingga dengan hadirnya TBM Lentera Ilmu, masyarakat atau pelajar dapat menambah wawasan di TBM Lentera Ilmu,” jelasnya.

 

Dirinya berharap TBM Lentera Ilmu dapat memantik minat baca masyarakat umumnya dan khususnya pelajar untuk mencari ilmu pengetahuan. Dengan demikian informasi terbaru dapat diketahui oleh semua lapisan masyarakat.

 

Ketua Umum Pengurus FTBM Kabupaten Manggarai Timur, Ino Sengkang, S.Fil., mengapresiasi langkah awal yang baik dari pembina dan pengurus TBM Lentera Ilmu. Ia berharap api literasi yang ditancapkan oleh Bupati Agas Andreas di bumi Manggarai Timur ini tetap menyala dan terus terang di masyarakat.

 

“Terima kasih kepada TBM Lentera Ilmu, jadilah lentera di masyarakat agar cahaya literasi menerangi masa depan generasi Manggarai Timur. Budayakan membaca dan menulis sejak dini. Dengan membaca anda mengenal dunia, dengan menulis anda dikenal dunia, selamat menjadi sahabat penggerak literasi,” tegas Ino.

 

Hingga saat ini, TBM Lentera Ilmu tetap membuka pintu bagi donatur yang ingin mendonasikan buku-buku, majalah, koran dan kebutuhan lainnya. Donasi buku dapat diantar ke alamat TBM Lentera Ilmu di Gurung, RT/RW: 01/02, Desa Ruan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. Bisa juga menghubungi nomor kontak 082236410020.

 

Berita dan Foto: Siaran Pers FTBM Manggarai Timur/ IS

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments