Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SAMBUT HARDIKNAS, MKKS SMA TTS GELAR BERBAGAI LOMBA



TTS, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2021, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMA Kabupaten TTS menggelar berbagai lomba yakni, Cipta dan Baca Puisi, Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris dan Lomba Solo Vokal. Kegiatan tersebut berlangsung sejak Kamis – Jumat (22 – 30/4/2021).

 

Hari pertama dalam pelaksanaan lomba ini dimulai dengan Lomba Cipta dan Baca Puisi yang diikuti oleh 40 peserta dari berbagai SMA di TTS. Lomba berlangsung di ruang aula SMA Negeri 1 Soe, Kamis (22/4/2021).

 

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Yes Boimau, kepada media ini menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana berdasarkan Surat Edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT. Dalam surat tersebut diminta agar seluruh sekolah di NTT wajib ikut melaksanakan berbagai lomba mencakup 4 mata lomba.


 

“Dalam kegiatan ini ada 47 SMA yang ada di TTS. Dari 47 sekolah yang ada, yang  berpartisipasi dalam Lomba Cipta dan Baca Puisi dalam pembukaan kegiatan ada 40 sekolah yang hadir, sementara ada 7 sekolah yang tidak ikut berpartisipasi karena faktor topografi, faktor cuaca dan jalan yang jauh,” kata Yes Boimau.

 

Sementara untuk Debat Bahasa Indonesia, lanjutnya, ada 21 sekolah yang berpartisipasi, sementara untuk Cipta dan Baca Puisi ada 42 peserta yang mendaftar tetapi 40 sekolah yang ikut lomba.

 

“Untuk sementara Lomba Solo ada 22 sekolah yang ikut berpartisipasi, sementara untuk lomba Debat Bahasa Inggris ada 15 sekolah yang ikut ambil bagian,” tambahnya.

 

Yes Boimau melanjutkan bahwa tujuan dari perlombaan ini yakni, untuk  mengembangkan minat dan bakat dari semua peserta didik, baik itu yang memiliki  bakat  pada Lomba Debat Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris maupun Seni Musik atau Seni Budaya.

 

Dirinya mengharapkan agar para peserta didik yang ikut berlomba dapat menunjukkan kreativitasnya melalui setiap mata lomba yang dilombakan. Ia juga berharap kegiatan mulia seperti ini tetap berlanjut ke depan karena antusiasme peserta didik dalam mengikuti setiap mata lomba sangat tinggi.

 

Momen Menunjukkan Potensi

 

Koordinator Pengawas (Korwas) Dikmen SMA/SMK Kabupaten TTS, Drs. Ngelu Njudang, menyampaikan bahwa kegiataan seperti ini adalah momen untuk peserta didik menunjukkan potensi yang ada dalam dirinya, seperti siswa yang memiliki hobi untuk menulis puisi serta membaca puisi dan keahlian lain yang dimiliki.


 

“Sementara dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, peserta didik mampu menuangkan gagasan yang dimiliki, menyampaikan melalui sudut pandang yang berbeda untuk mempertahankan argumentasi, dan momen ini jangan disia-siakan,” ungkapnya.

 

Karena itu, lanjut Ngelu, dalam kegiatan seperti ini kita mendorong peserta didik untuk meningkatkan kemampuannya dalam berbagai bidang termasuk dalam pembentukan karakternya. Untuk bersaing dalam dunia yang perkembangan semakin pesat, kompotensi berpikir kritis anak-anak kita harus tingkatkan, tegasnya.

 

Ngelu Njudang juga menyayangkan beberapa sekolah yang tidak memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini. Menurutnya, jika kepala sekolah tidak mendukung atau mendorong anak-anak untuk mengikuti kegiatan semacam ini, hal itu sangat disayangkan.

 

Sekalipun demikian, ia juga mengapresiasi para peserta didik yang telah mengikuti berbagai lomba yang ada. Dirinya menilai antusiame peserta didik untuk mengikuti lomba ini cukup tinggi.

 

“Karena itu, tujuan dari kegiatan ini hanya untuk mempertajam kompotensi anak-anak yang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan saat ini,” pungkasnya.

 

 

Berita dan Foto: Lenzho Asbanu

Editor: R. Fahik/ red

Post a comment

0 Comments