Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KOMITE SMAN 2 BORONG DUKUNG GERAKAN LITERASI SEKOLAH


Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM –
Komite SMAN 2 Borong siap mendukung berbagai kegiatan dalam mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kegiatan literasi merupakan wadah bagi guru dan peserta didik untuk menambah wawasan dan akan berdampak positif bagi mutu pendidikan.  

 

Hal ini disampaikan Ketua Komite SMAN 2 Borong, Vinsensius Aliman, S.Pd., ketika membawakan sambutan dalam pembukaan Bimbingan Teknis Literasi di sekolah tersebut, Kamis (29/4/2021).

 

“Kami menyambut secara baik kegiatan ini. Kegiatan ini untuk membangun, menambah wawasan dan jejak berpikir dari bapak ibu guru yang mana nantinya hasilnya akan diteruskan kepada generasi penerus dalam hal ini anak-anak kami,” ungkapnya.


 

Atas nama komite sekolah, Vinsensius berharap kegiatan serupa terus dilanjutkan agar budaya literasi berkembang di SMAN 2 Borong. Hasil dari kegiatan ini, lanjutnya, para guru dan peserta didik mampu menghasilkan buku untuk bisa dibaca oleh masyarakat termasuk orang tua.

 

“Lebih jauh, bahwa situasi sekarang ini kurang bersahabat dengan kita sejak adanya pandemi Covid-19 sejak tahun lalu, tapi kita tidak boleh menyerah, kita harus terus maju dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat,” tambahnya.

 

Sementara itu Kepala SMAN 2 Borong, Dra. Saka Benedikta, mengungkapkan, kegiatan yang sama pernah dilakukan pada tahun 2018, karena itu kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama sekolah dengan Media Pendidikan Cakrawala NTT. Kegiatan ini, tandasnya, banyak memberikan masukan yang membangun bagi guru dan peserta didik.


 

Lebih lanjut, Benedikta mengungkapkan bahwa harapan terbesar yakni guru harus mulai menulis tentang pengalamannya dalam mengajar, masalah-masalah yang dihadapi maupun solusi yang sudah dilakukannya untuk meningkatkan mutu guru itu sendiri.

 

“Sedangkan harapannya untuk siswa, siswa harus rajin dalam menulis, jangan hanya menunggu momen-momen perlombaan. Akibatnya siswa jadi kurang maksimal dalam membuat tulisannya. Selama ini siswa juga sudah mulai menulis, namun menurut saya itu belum maksimal sebab ketika ada perlombaan baru mulai menulis tetapi tidak merasa bahwa menulis itu merupakan suatu kebutuhan,” tuturnya.

 

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Sabtu (1/5/2021) tersebut dihadiri guru dan perwakilan peserta didik SMAN 2 Borong. Hadir sebagai narasumber yakni Lukas Sumba, S.Fil (Korwas SMA/SMK), Gusty Rikarno, S.Fil (Direktur Cakrawala NTT), Mustakim, S.Pd., M.M (Formatur), dan Ino Sengkang, S.Fil (Formatur).

 

Berita dan Foto: Takim

Editor: R. Fahik/ red

Post a comment

0 Comments