Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

GURU SMAK GIOVANNI KUPANG JUARAI LOMBA KARYA TULIS BCA

Y. B. Inocenty Loe, S.Fil

Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Guru SMA Katolik Giovanni Kupang, Y. B. Inocenty Loe, S.Fil., menjuarai Lomba Karya Tulis Kategori Karya Tulis Terfavorit yang diselenggarakan oleh Bank BCA bagi guru se-Indonesia Timur. Pengumuman pemenang disampaikan dalam webinar Bank BCA bertema “Majulah Tenaga Pendidik Indonesia Timur” yang diikuti oleh 4000-an guru se-Indonesia Timur , Selasa (16/03/2021).

 

Ino Loe – sapaan akrabnya, berhasil meraih perhatian dewan juri lewat tulisannya yang berjudul “Pendidikan Agama di Masa Pandemi: Teori atau Pandangan Hidup?” Tulisan itu berbicara tentang inovasi dan strategi pembelajaran Agama Katolik selama masa pandemi sekaligus menegaskan pemahaman bahwa pembelajaran Agama harusnya bukan hanya teori tetapi lebih dari itu, harus juga merupakan pandangan hidup.

 

“Saya bergembira karena tulisan saya dipilih sebagai salah satu karya favorit. Tulisan itu merupakan strategi yang sudah saya lakukan selama masa pandemi. Terima kasih karena strategi ini ternyata mendapat perhatian dari dewan juri,” tuturnya.

 

Ino Loe menuturkan bahwa dalan tulisannya, ia menguraikan konsep penting dalam pembelajaran Agama yaitu konsep katekese hidup. Pembelajaran Agama adalah pelajaran tentang hidup. Oleh karena itu, pembelajaran Agama harusnya tidak hanya sebuah teori tetapi sekaligus dan terutama adalah pandangan hidup.

 

“Pembelajaran Agama harusnya adalah pelajaran tentang hidup. Teori-teori dalam pembelajaran agama harus didesain sedemikian rupa agar berujung pada praktik hidup para peserta didik. Lewat pemahaman akan teori-teori, peserta didik sampai pada kesadaran untuk bertindak sesuai dengan nilai nilai agama yang syarat kebaikan dan cinta kasih,” jelasnya.


 

Ino Loe adalah Guru Pendidikan Agama Katolik sekaligus Koordinator Publikasi dan Literasi di SMA Katolik Giovanni Kupang. Ia juga merupakan Sekretaris Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Kupang. Atas raihan prestasi tersebut, Ino Loe menerima sejumlah hadiah termasuk piagam penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh perwakilan Bank BCA yang juga hadir dalam webinar di SMAK Giovanni Kupang.

 

Berita dan Foto: Bidang Publikasi & Literasi SMAK Giovanni Kupang

Editor: R. Fahik/ red 

Post a Comment

0 Comments