Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

140 GURU SE-INDONESIA IKUT DIKLAT PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA



Jawa Barat, CAKRAWALANTT.COM – Sebanyak 140 guru dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pembinaan Ideologi Pancasila. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini dilangsungkan di Ballroom Geowisata Inn Bandung, Selasa – Jumat, 23 – 26 Maret 2021.

 

Selama kegiatan ini, peserta secara intens mendalami enam mata pendidikan yakni, Garis Besar Haluan Ideologi Negara, Historisitas Pancasila dan Tantangan Masa Depan, Nilai-nilai Pancasila dan Implementasinya dalam Membangun Karakter Kebangsaan, Membangun Karakteristik Bangsa dengan Nilai-nilai Pancasila, Bela Negara sebagai Implementasi Nilai-nilai Pancasila dan Penyusunan Rencana Aksi dan Laporan Aksi Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila.


 

Dalam kegiatan ini, guru SMK Negeri 7 Ende, Wilfridus Kado, S.P., Gr., terpilih mewakili guru SMA/SMK Provinsi NTT. Kepada media ini saat diwawancarai, dirinya mengaku senang bisa terlibat langsung dalam kegiatan berskala nasional ini.

 

Menurutnya, pendidikan dan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para guru. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru sebagai pendidik karena kegiatan ini dirangkai dengan game yang seru sehingga peserta tidak bosan di kelas. Dalam game tersebut juga mengandung nilai-nilai Pancasila seperti menghargai perbedaan, cinta tanah air, rela berkorban dan kerja sama tim,” tutur Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (IGVIM) NTT ini.

 

Dalam kegiatan ini, peserta tidak hanya melakukan pembelajaran di tempat diklat, tetapi juga di lingkungan atau instansi/lembaga masing-masing dalam rangka melaksanakan aktualisasi dan habituasi nilai-nilai Pancasila.

 

Berita dan Foto: Baldus Sae

Editor: R. Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments