Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

STKIP SOE GELAR KULIAH DARING SEMESTER GENAP 2020/2021


TTS, CAKRAWALANTT.COM –
Guna mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang semakin meningkat, Sekolah Tinggi  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Soe akan menerapkan perkuliahan secara daring pada semester genap tahun 2021. Proses perkuliahan secara daring ini akan dimulai pada Senin (15/02/2021).

 

"Pandemi Covid -19 yang semakin merajalela maka proses perkuliahan pada semester genap ini akan dilaksanakan secara daring, sesuai hasil rapat bersama dengan para ketua program studi dan para dosen maka proses perkuliahan akan dilakukan secara daring  yang akan dimulai pada tanggal 15 Februari 2021, keputusan ini dilakukan demi mendukung pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tutur Ketua STKIP SoE, Ared J. Billik, ST., M.Si., yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/2/2021).

 

Ared juga menyampaikan bahwa pada semester lalu proses perkuliahan dilakukan  dengan dua metode yaitu daring dan  luring, namun penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat maka ia tidak ingin adanya klaster baru di kampus maka semua proses perkuliahan semuanya akan berbasis daring.

 

Terkait kesiapan kampus dalam menerapkan perkuliahan secara daring, Ared mengatakan bahwa sebelumnya para dosen yang ada telah  diberikan pelatihan yang berkaitan dengan proses perkuliahan secara daring ini, oleh karena itu para dosen yang ada telah siap untuk melakukannya.

 

Namun kendala yang dialami adalah  beberapa mahasiswa yang belum memiliki android, karena itu dihimbau agar semua mahasiswi bisa memiliki android agar proses perkuliahan secara daring ini bisa terlaksana dengan baik, selain itu kendala yang dialami oleh para mahasiswa  jaringan internet yang belum menjangkau semua wilayah di kabupaten TTS, karena itu diharapkan juga agar pemerintah bisa memperhatikan hal ini, agar proses pelaksanaan BDR ini dapat berjalan dengan lancar.

 

“Untuk para mahasiswa yang ada saya berharap agar jangan menunggu perintah atau ada  tugas  dari dosen baru belajar, karena dengan adanya  pandemi Covid-19 yang semakin meningkat maka proses tatap muka akan terbatas maka itu diharapkan agar para mahasiswa lebih giat untuk belajar secara mandiri tanpa diperintah," harapnya.

 

Ia melanjutkan, "Para mahasiswa harus memberikan teladan yang baik kepada masyarakat luas terkait himbauan yang telah dianjurkan oleh pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan agar bisa terhindar dari penyebaran pandemi Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan maka diharapkan agar pandemi  ini cepat berlalu."


 

Ketua LPM STKIP SOE, Dens Asbanu, mengatakan bahwa terkait rencana pelaksanaan proses perkuliahan secara daring  pada bulan desember 2020 lalu sudah dilakukan pelatihan  bagi para dosen yang ada jadi untuk persiapan dalam menghadapi proses perkuliahan berbasis daring ini telah dipersiapkan secara baik.

 

Asbanu menambahkan bahwa para dosen telah  menyiapkan  perkuliahan dengan berbagai platform pembelajaran  yang bisa diakses dan dipelajari secara ofline oleh para mahasiswa yang mungkin terkendala dengan jaringan dan tak bisa mengikuti perkuliahan secara langsung.

 

Asbanu juga menyampaikan bahwa terkait dengan tugas akhir mahasiswa sudah dihimbau untuk ujian-ujian yang akan dilaksanakan juga semuanya berbasis daring , sementara untuk kegiatan praktikum akan dilakukan secara lagsung dengan tetap meperhatikan protokol kesehatan yang mana akan dibagi dalam bentuk kelompok, setiap kelompok itu minimal 3 orang dan maksimal 5 orang.


 

Metri Mella, salah satu mahasiswa pada prodi PGSD mengatakan bahwa semenjak adanya pandemi Covid-19 sudah mengikuti perkuliahan secara daring, karena itu bagi dirinya tidak ada kendala yang dialami selama mengikuti kuliah Secara daring, karena itu dengan adanya kebijakan agar semua prodi melakukan perkuliahan secara daring maka saya mendukung, karena dengan kuliah daring maka akan mengurangi kerumunan massa di kampus.

 

Berita dan Foto: Lenzho Asbanu

Editor: R. Fahik/red

Post a comment

0 Comments