Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

FTBM SABU RAIJUA BANGUN RUMAH BACA TIAP DUSUN


Sabu Raijua, CAKRAWALANTT.COM –
Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Sabu Raijua, Fransiska Stella Maris, S.Si., mengungkapkan, salah program utama FTBM Sabu Raijua adalah membangun rumah baca untuk tiap dusun di Kabupaten Raijua. Hal itu disampaikannya saat dihubungi media ini, Jumat (26/2/2021). Dirinya menjelaskan saat ini sudah ada 33 rumah baca di Kabupaten Sabu Raijua dan akan ditambah lagi pada minggu ini sebanyak 2 rumah baca dalam kerja sama dengan pegiat literasi yang ada.

 

“FTBM Sabu Raijua terbentuk sejak 19 Januari 2021 dengan ditunjuk secara langsung. Jadi, anggota langsung mempercayakan saya dengan melalui hasil rapat dan jumlah anggota saat itu sebanyak 10 orang. Sehingga saya terpilih sebagai ketua dan wakilnya Marten Lena Nguru,ungkapnya.

 

Fransiska menjelaskan, struktur kepengurusan FTBM Sabu Raijua juga sudah dibentuk melalui rapat bersama pada akhir Januari lalu. Terkait program tahunan, ia mengakui bahwa memang belum dibuat, namun saat ini program utama yang difokuskan adalah berkolaborasi dengan pegiat literasi di Kabupaten Sabu Raijua seperti RELASI Community dengan membentuk rumah bacaan, Himpunan Analisis Kesehatan Lingkungan (HAKLI) dengan program pelatihan daur ulang sampah.

 

Jadi target kami adalah tiap dusun satu rumah baca. Dusun-dusun yang sudah kita bangun rumah baca antara lain Ledeana, Loboaju, Nadawawi, Eilode dan beberapa dusun lainnya sudah terbangun 33 rumah baca dan rencananya minggu ini akan ada 2 lagi yang akan kita bentuk rumah bacaan. Lalu dari HAKLI sendiri dengan program pelatihan mendaur ulang sampah. Kita semua akan bekerja sama demi memberdayaan masyarakat,jelasnya.


 

Ia melanjutkan bahwa pelantikan FTBM Sabu Raijua diagendakan pada 6 Maret 2021 dengan jumlah anggota saat ini sekitar 30-an orang. FTBM Sabu Raijua, ungkapnya. didukung penuh oleh pemerintah setempat.

 

“Untuk pelantikan FTBM Sabu Raijua belum dilakukan dan diagendakan pada 6 Maret 2021. Saat ini jumlah anggota FTBM Sabu Raijua berjumlah 30-an orang, namun sudah ada dukungan dari pemerintah terkait yakni sebagai dewan pembina seperti Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pemdes, Dinas PUPR, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Dinas Lingkungan Hidup dan dewan penasehatnya adalah Bupati dan Wakil Bupati serta Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD. Untuk kerja sama dengan sekolah belum kami lakukan karena sementara BDR, kami masih meminta fasilitasi dari Dinas Pendidikan selaku dewan pembina,tuturnya.

 

Kampung Literasi

 

Fransiska menambahkan bahwa sebagai salah satu masyarakat yang tinggal di Kabupaten Sabu Raijua serta sebagai penggerak literasi, dirinya ingin mewujudkan kampung literasi untuk memperkenalkan budaya Kabupaten Sabu Raijua apalagi dengan melihat permasalahan masyarakat yang sangat kurang membaca khususnya para generasi penerus di Kabupaten Sabu Raijua.

 

“Masalah yang pertama adalah kurangnya sosialisasi bagi masyarakat akan pentingnya membaca. Saya lihat anak-anak di Kabupaten Sabu Raijua sangat kurang membaca karena kesempatan mereka untuk membaca tidak ada dengan alasan harus membantu orang tua yang bekerja baik sebagai petani, peternak, apalagi anak-anak di kampung yang harus pergi ke sawah atau ke ladang. Sehingga kami melakukan pendekatan kepada mereka dan meminjamkan buku dengan harapan saat mereka di sawah atau menggembalakan ternak bisa sambil membaca saat waktu luang, jelasnya.


 

Dirinya berharap FTBM di Kabupaten Sabu Raijua bisa menjadi pusat pembelajaran bagi masyarakat sehingga masyarakat bisa menjadi manusia yang berdaya dan sejahtera. Apalagi, FTBM Sabu Raijua, lanjutnya, sudah didukung dengan donasi buku dari berbagai pihak serta organisasi pegiat literasi yang ada di Kabupaten Sabu Raijua. Saat ini, jelasnya, donatur buku ada yang dari Kemendikbud, juga perorangan seperti Bapak Melki Laka Lena, Bapak Jhon Lobo dan dari RELASI Community.

 

“Jangan bosan untuk membaca, karena belajar itu sepanjang hayat. Harus semangat,pungkasnya.


 

Untuk donasi buku serta info lanjutan seputar FTBM Sabu Raijua, Bpk/Ibu, Saudara/i  dapat menghubungi nomor Stella Da Silva (Ketua FTBM Sabu raijua/+62 821-4485-9759).

 

Berita: Lonnie Bunga

Foto: FTBM Kabupaten Sabu Raijua

Editor: R. Fahik/red 

Post a comment

1 Comments

  1. Mantapp, semoga Bupati terpilih Sumba Timur juga mengadakan Rumah baca, pasti aayik e...menginspirasi kak Robert

    ReplyDelete