Latest News

Monday, 25 January 2021

SMKN 4 KUPANG SIAP GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM –
Dalam rangka mendukung kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, SMKN 4 Kota Kupang siap menggelar Workshop Penyusunan Modul Pembelajaran, 26--28 Januari 2021. Hal ini disampaikan Kepala SMKN 4 Kota Kupang, Semi Ndolu, S.Pd., saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (22/01/2021).

 

Semi Ndolu mengungkapkan, pendidikan kejuruan senantiasa diarahkan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhahan industri. SMKN 4 Kota Kupang sebagai sebuah sekolah kejuruan, ungkapnya, sudah saatnya menghasilkan lulusan yang bermutu sehingga bisa terserap di dunia industri. Program link and match yang digencarkan oleh Kemendikbud harus terus diupayakan di sekolah-sekolah kejuruan.

 

“Selama ini saya melihat guru-guru punya potensi yang bagus dalam mengajar. Terkesan kreatif dan inovatif tapi sayangnya itu hanya sebatas oral saja. Oleh karena itu, kita mendorong supaya kreativitas dan inovasi itu harus dikonsepkan secara jelas dan dibukukan,” ujarnya.

 

Menurut Semi Ndolu, penyusunan modul pembelajaran ini sebetulnya bukanlah hal yang terlampau sulit untuk dibuat oleh para guru sebab materinya adalah apa yang sudah mereka praktekkan selama ini dalam kegiatan belajar mengajar dan praktek bersama siswa. Dirinya mendorong para guru untuk menjadi promotor yang menyediakan buku-buku referensi terkait beberapa kejuruan yang sampai saat ini  masih minim referensinya.

 

“Kita harus tangkap peluang itu dan mendorong para guru untuk berani berkarya. Kita ingin supaya lokalitas khas NTT itu diangkat dan diperkenalkan kepada masyarakat luas,” ungkapnya.

 

Untuk memperlancar terselenggaranya kegiatan tersebut, pihak sekolah menggandeng beberapa mitra yang berkompeten, salah satunya yakni Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT. Direktur MPC NTT, Gusti Rikarno, S.Fil., menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya pengembangan pendidikan dan literasi di sekolah.

 

Berita: Baldus Sae

Foto: FB SMKN 4 Kupang

Editor: R. Fahik/red
comments

No comments:

Post a comment