Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

RAIH JUARA II NASIONAL KKSI, SMK KRISTEN FAUTMOLO DIAPRESIASI DINAS PK NTT

 


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Tim Sendratari SMK Kristen Fautmolo, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) berhasil meraih Juara II Nasional dalam ajang Kamp Kreatif Siswa SMK Indonesia (KKSI) Tahun 2020. Atas prestasi tersebut, SMK Kristen Fautmolo mendapat apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi NTT.

 

Kepala Dinas PK Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan, ia merasa bangga dan berterima kasih kepada para siswa dan guru yang telah bekerja keras dalam segala proses sampai pada pencapaian prestasi tersebut. Menurutnya, prestasi yang diraih merupakan bagian integral dari aspek standar proses yang dilakukan di sekolah.

 

“Lomba sendratari ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari aspek standar proses yang selama ini dilakukan siswa bersama guru di sekolah,” ungkapnya, Sabtu (9/1/2021) saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten TTS.

 

Ia menilai, keberhasilan itu merupakan tindakan lanjut dari sisi teori yakni praktik. Praktik tersebut merupakan terjemahan dari teori yang didapatkan para siswa.

 

“Praktek itulah yang perlu didorong, sehingga raihan prestasi ini harus memacu sekolah lain maupun sekolah itu sendiri untuk memperbanyak partisipasi dalam event-event sejenis,” kata Linus Lusi.

 

Ia berharap, ke depan sekolah memperbanyak penyelenggaraan event juga partisipasi dalam event yang lebih besar sebagai upaya mengeksplorasi potensi peserta didik.

 

“Kalau semakin banyak event, aspek kreativitas siswa akan terpoles secara baik dan juga dapat menunjukkan eksentrisitas dan kompetensi yang mereka peroleh dari pada guru,” jelasnya.

 

Selain itu, lanjutnya, event serupa juga dapat menambah rasa percaya diri peserta didik untuk tampil di hadapan banyak orang serta dapat menambah pengalaman bagi para peserta didik.


 

Diberitakan sebelumnya, Kepala SMK Kristen Fautmolo, Nifron K. A. Fallo, S.Kom., kepada media ini mengungkapkan, pengumuman hasil lomba tersebut tertuang dalam Surat Pengumuman Lomba KKSI Tahun 2020, Nomor: 15186/ D2. 4/ TU/2020, tertanggal 22 Desember 2020. Selaku kepala sekolah dirinya mengaku bangga atas prestasi yang telah diraih oleh para peserta didiknya.

 

“Sebagai kepala sekolah tentu saya merasa bangga degan prestasi  yang telah diraih oleh para peserta didik, walaupaun persaingan yang begitu ketat namun SMK Kristen fautmolo keluar sebagai juara 2 dari  26 Tim dari seluruh Indonesia yang mengikuti Sendratari Tingkat Nasional,” ungkapnya.

 

Sekalipun demikian, dirinya meminta agar para peserta didiknya terus berlatih dan mempersembahkan yang terbaik bagi daerah NTT khususnya Kabupaten TTS. Ia juga meminta agar tetap ada regenerasi sehingga prestasi yang diraih dapat dipertahankan.

 

“Untuk anak-anak, boleh merasa bangga atau puas dengan hasil yang ada namun harus tetap dan terus berlatih karena sendratari ini merupakan salah satu kegiatan ekskul yang ada di SMK Kristen Fautmolo yang harus terus dikembangkan agar ada regenerasi yang akan terus mempertahankan prestasi yang telah ada. Jadi saya minta agar virus yang baik ini terus dikembangkan ke depan,” tegasnya.

 

Berita dan Foto: Lenzho Asbanu

Editor: R. Fahik

Post a Comment

0 Comments