Latest News

Monday, 7 September 2020

SYAIFUL BAHRI LUBIS RESMI JABAT KEPALA KANTOR BAHASA NTT

 


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Syaiful Bahri Lubis resmi menjabat Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, menggantikan Valentina L. Tanate yang sebelumnya memimpin Kantor Bahasa Provinsi NTT sejak tahun 2016. Syaiful Bahri Lubis sebelumnya menjabat Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, sementara Valentina L. Tanate akan menjabat Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Keduanya dilantik dalam Upacara Pelantikan Pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia secara tatap muka dan jarak jauh (daring) bersama sejumlah pejabat lainnya, Kamis (13/8/2020) lalu. Sementara Acara Pisah-Sambut Kepala Kantor Bahasa Povinsi NTT dilaksanakan Selasa (1/9/2020) di Aula LPMP Provinsi NTT.       

 

Dalam acara tersebut, Valentina L. Tanate menyampaikan terima kasih kepada seluruh staf serta mitra Kantor Bahasa NTT yang telah membangun kerja sama selama ia memimpin Kantor Bahasa NTT sejak dilantik 2016 silam. Selama memimpin Kantor Bahasa NTT, ungkapnya, sejumlah program kerja telah diupayakan secara maksimal seperti Pengutamaan Bahasa Negara, Pemetaan Bahasa dan Sastra, Visualisasi Bahasa dan Sastra, Gerakan Literasi Nasional, Pendokumentasian Kosa Kata, Konservasi Bahasa dan Sastra, Revitalisasi Bahasa dan Sastra.

 

“Program tahun ini sudah hampir 80 persen. Untuk sisa program tahun ini tinggal Konservasi dan Revitalisasi Bahasa dan Sastra. Biasanya untuk tahun depan hal yang sama, terkait GLN, Pengembangan Bahasa dan Sastra, Pemetaan, Identifikasi Data Kosa Kata, itu masih tetap akan dilakukan. Itu tugas pokok dan fungsi kami ya, tetap kembali ke fungsi kami hanya tiga yaitu pembinaan, pengembangan dan perlindungan Bahasa dan Sastra Indonesia. Itu yang akan terus kami kerjakan,” jelasnya.  

 

Sementara itu meski mengaku sempat galau ketika dilantik sebagai Kepala Kantor Bahasa NTT, Syaiful Bahri Lubis, yakin dirinya mampu mengemban tugas tersebut. Meski baru pertama kali menginjakkan kaki di Kupang, tuturnya, ia langsung jatuh cinta kepada NTT yang menurutnya indah, menarik, dan menantang untuk disahabati.

 

“Bagaimana mungkin provinsi yang saya tinggalkan hanya 12 Kabupaten/Kota dengan jumlah pegawai 49 pegawai dan 7 pegawai honorer, jadi 56 pegawai dengan 12 Kabupaten/Kota, tetapi di sini saya nanti akan dibantu oleh 14 orang PNS dengan 22 Kabupaten/Kota. Inilah yang membuat saya galau. Tetapi ketika saya injakkan kaki saya di Kupang ini saya optimis ternyata NTT itu adalah bumi yang indah, bumi yang menarik, bumi yang menantang untuk digauli dan disahabati. Saya senang, saya semakin optimis,” ungkapnya.

 

Kepada Valentina L. Tanate, ia menyampaikan terima kasih telah membawa Kantor Bahasa NTT menjadi salah satu Kantor Bahasa dengan prestasi serta catatan yang sangat baik di lingkungan Badan Bahasa Kemdikbud. Kepada staf serta seluruh mitra Kantor Bahasa NTT, ia meminta dukungan serta kerja sama dalam setiap program Kantor Bahasa NTT.

 

Pantauan media ini, Acara Pisah-Sambut Kepala Kantor Bahasa Povinsi NTT tersebut dihadiri oleh Kepala LPMP Provinsi NTT, Kepala BP PAUD Dikmas Provinsi NTT, Kepala Stasiun TVRI NTT, perwakilan Pemrov NTT, perwakilan Pemkot Kupang, Ketua Prodi Magister Linguistik Undana Kupang, Peneliti Badan Bahasa Kemdikbud, Ketua BAN NTT, dan pegawai Kantor Bahasa NTT. Selain itu hadir pula sejumlah pegawai LPMP NTT, Duta Bahasa NTT, perwakilan pelajar dan tokoh masyarakat, serta sejumlah awak media massa. (rf/an/red)

comments

No comments:

Post a comment