Latest News

Saturday, 1 August 2020

SAMBUT TAHUN AJARAN BARU, SMKN 1 KUPANG BARAT GELAR IHT


Kabupaten Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Menyambut tahun ajaran baru 2020-2021, SMKN 1 Kupang Barat menggelar In House Training (IHT), Selasa (28/07/2020) hingga  Kamis (30/07/2020) di  sekolah tersebut. Kegiatan ini mengusung tema Peningkatan Kompetensi Guru Tentang Model/Strategi Belajar Mengajar dan bertujuan untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum  kegiatan belajar mengajar dimulai.

Kepala SMKN 1 Kupang Barat, Apolos Kofan, S.Pd., M.M., mengatakan, setiap guru wajib mengikuti IHT serta menghasilkan perangkat pembelajaran. Menurutnya degan adanya perangkat pembelajaran maka  proses belajar dan mengajar di kelas dapat  berjalan searah.

"Selama tiga hari mereka harus menghasilkan perangkat pembelajaran karena awal Agustus kami rencanakan harus ada di kelas untuk tatap muka dengan siswa. Namun kami juga masih butuh instruksi dari dinas terkait karena kita dalam masa covid ini masih ada zona merah, zona hijau dan zona kuning," ujarnya.

Sementara itu, Agus Ahab selaku narasumber IHT mengatakan, seorang guru wajib mempersiapkan  perangkat pembelajaran secara lengkap dan serius. Menurutnya perangkat pembelajaran yang baik membuat seorang guru dapat mengajar dengan efisien dan efektif untuk untuk kesuksean prestasi peserta didik.

"Saya sangat senang sekali atas undangan ini. Selama dua hari saya melakukan pendampingan bagi  teman-teman guru di sini,  untuk membantu mereka mempersiapkan prangkat pembelajaran. Hal itu sangat penting untuk seorang guru yang semuanya sasaran untuk peserta didik mencapai kompetensi yang diinginkan," ungkapnya.

Kegiatan ini berlangsung secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan yakni, jaga jarak, pakai masker dan selalu cuci tangan. Peserta kegiatan adalah 36 guru bidang studi SMKN 1 Kupang Barat, yang terbagi dalam tiga jurusan yakni: Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Gambar Bangunan.

Selama tiga hari kegiatan peserta disuguhkan dengan berbagai materi yakni, Analaisis Kompetensi Dasar, Membuat Program Semester, Program Tahunan, Membuat Silabus dan Membuat RPP, serta pelatihan IT. (Alex Natara/red)

comments

No comments:

Post a comment