Latest News

Friday, 19 June 2020

GURU HARUS SELALU TINGKATKAN KUALITAS DIRI


Lembata, CAKRAWALANTT.COM Guru sebagai sebuah profesi menuntutnya untuk harus selalu meningkatkan kualitas dirinya, salah satunya yakni lewat penelitian dan publikasi ilmiah. Karena itu khusus untuk guru PNS, misalnya, salah satu syarat utama kenaikan pangkat adalah publikasi ilmiah seperti PTS/PTK, artikel, dan jurnal. Hal ini disampaikan Kepala SDI Bakalerek, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Kondradus Muda, S.Pd.SD., dalam diskusi terbatas bersama para guru di sekolah tersebut, Kamis (18/6/2020).

Sekalipun demikian, dalam diskusi yang dihadiri media ini, Kondradus Muda juga mengakui bahwa sebagian besar guru mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian dan publikasi ilmiah tersebut. Hal ini dikarenakan belum adanya pemahaman yang matang terkait hal tersebut. Karena itu dirinya mengapresiasi langkah yang dilakukan berbagai pihak dalam mendukung para guru seperti yang dilakukan Media Pendidikan Cakrawala NTT sejauh ini.   

“Di sekolah kami ini ada 8 guru PNS, dan penulisan PTS dan PTK kami sudah mulai tapi belum juga tuntas. Tapi kami bangga dengan diskusi seperti ini ada pencerahan untuk melanjutkan penulisan kami baik saya sebagai kepala sekolah tentang PTS dan untuk rekan guru khusus untuk PTK,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kondradus Muda juga menjelaskan soal pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Menurutnya, pihak sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, yakni meniadakan tatap muka. Untuk ujian, misalnya, peserta didik di SDI Bakalerek diberikan tugas rumah dan mengumpulkan tugas tersebut sebagai nilai semester genap.

Saat ini juga kita sudah mau memasuki bulan Juli dan sedang mempersiapkan tahun ajaran baru, maka dari pihak sekolah juga sudah mengambil langkah strategi pembelajaran, apakah tetap di rumah atau bagaimana caranya. Kita masih tunggu perintah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” pungkasnya. (Rofinus R.R/red)


comments

No comments:

Post a comment