Latest News

Thursday, 23 April 2020

RAYAKAN HARI KARTINI, KEMENDIKBUD GELAR LOMBA MEWARNAI SECARA DARING


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) dalam kolaborasi dengan Paduan Suara Merah Putih (PSMP) menggelar Lomba Mewarnai dalam jaringan (daring) untuk Anak-anak TK se-Jabodetabek dengan kategori usia 3 s.d. 6 tahun, yang merupakan salah satu acara yang diselenggarakan untuk merayakan Hari Kartini.

Menurut Staf Fungsional Perencana Ahli Madya, Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kuat Prihatin, lomba mewarnai melalui daring ini menjadi yang pertama, dan belum pernah dilakukan sebelumnya. “Ini pertama, model pertama dan belum pernah terjadi lomba mewarnai, lomba apapun yang dilaksanakan secara daring, secara online, apalagi ini lomba mewarnai, kalau untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya pertunjukan sudah beberapa kita lihat di Youtube dan sosial media kita,” disampaikan Kuat di kediamannya, Jakarta, pada Selasa (21/04/2020).

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Kartini tahun ini adalah “Aku Mau Indonesia Maju”. Berangkat dari tema tersebut, Ketua Umum Paduan Suara Merah Putih, Delly Rasubala, mengatakan ini adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu hari lahirnya Ibu Kartini—pelopor emansipasi dalam memperjuangkan harkat dan martabat wanita Indonesia.

Seyogyanya, tambah Delly, teladan Raden Ajeng Kartini semakin diperkuat dan dipertajam oleh para wanita dalam persaingan teknologi di era modern. Peranan wanita di media sosial dan menjadi pembawa berita yang akurat, adalah salah satu cara untuk mencerdaskan anak bangsa. “Sedangkan peranan ibu dalam keluarga di rumah, mengayomi dan mendidik anak dari usia dini, berkepribadian nasionalisme dan patriotisme, meningkatkan kreativitas dan kecerdasan anak usia dini. Itu adalah peranan ibu di rumah,” kata dia.

Sejalan dengan itu, Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi Pembangunan, KemenPPPA, Ratna Susianawati, menyampaikan walaupun dunia saat ini sedang terpuruk karena Covid-19, melalui peringatan Hari Kartini, anak-anak Indonesia harus tetap semangat.

Ia menambahkan, baik bagi bangsa Indonesia untuk menyiapkan anak-anak Indonesia sebagai kader penerus bangsa yang berkarakter dan siap bersaing. Oleh karena itu, masa pandemi ini sebenarnya bisa mengajarkan kita untuk semangat berjuang melepaskan diri dari kondisi krisis, tak terkecuali bagi anak-anak.

“Hari ini tentunya kita kembali kepada semangat Kartini. Ini sangat luar biasa, tema yang diusung juga penuh dengan spirit, penuh dengan inspirasi. Artinya ketika ada kemauan, bisa.  Ini tentunya tujuannya untuk Indonesia ke depan,” pungkas Ratna. (kemdikbud.go.id/rf)

comments

No comments:

Post a comment