Latest News

Monday, 23 March 2020

UJIAN PRAKTIK SISWA SMA STELLA MARIS NIKI-NIKI TAMPILKAN KEARIFAN LOKAL


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Ujian Praktik bagi Siswa Kelas XII di SMA Stella Maris Niki-Niki yang berlangsung Rabu (18/3) hingga Kamis (19/3/2020) menampilkan warna kearfian lokal. Dalam Ujian Praktik yang dilangsungkan usai Ujian Sekolah Berbasis Kertas Pensil (USKP) tersebut, para siswa diminta untuk menghasilkan produk makanan dari bahan-bahan lokal.

“Setelah para siswa mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Kertas Pensil, dilanjutkan dengan Ujian Praktik untuk memperoleh nilai Praktik. Para Siswa Kelas XII mengikuti ujian Praktik mata pelajaran Muatan Lokal. Dalam Praktik kali ini siswa diminta untuk memasak dengan kearifan lokal sebagai bahannya, di antaranya membuat ketupat, kue nogosari dan kolak. Selain itu, ada juga bagaimana cara menghasilkan lauk yang baik bagi kesehatan seperti cara menghasilkan daging ayam panggang, sayur, dan lain- lain,” ungkap Margarida, guru mata pelajaran Muatan Lokal di sekolah tersebut.

Ditambahkannya, semua proses tersebut dilaksanakan di sekolah, bukan dimasak di rumah karena penilaian dilakukan sejak pengelolaan bahan hingga menghasilkan makanan siap saji. Semua yang diPraktikkan tersebut, lanjutnya, telah diajarkan sebelumnya sehingga apa yang dilakukan merupakan tahap evaluasi atau penilaian.

“Untuk pengadaan bahan-bahan masakan, sekolah menyediakan dana dan dibagikan ke setiap kelompok yang sudah terbentuk,” ungkapnya.

Melda Liu, salah seorang peserta didik, mengungkapkan, terdapat banyak hal yang diperoleh dirinya bersama teman-teman melalui Ujian Praktik tersebut. Hal ini, ungkapnya, dapat menjadi bekal berharga di kemudian hari ketika mereka berada di tengah masyarakat.

“Selama ini kami hanya bisa memasak nasi, sehingga apa yang dilakukan hari ini sungguh sangat membantu kami. Setelah kami tamat dari sekolah ini, selain materi pelajaran yang diketahui ada hal-hal praktis yang juga kami ketahui sehingga bisa dilakukan saat berada bersama masyarakat nantinya,” katanya. (Albert Baunsele_Kontributor/red)


comments

No comments:

Post a comment