Latest News

Tuesday, 3 March 2020

SMAN 2 MACANG PACAR GELAR GELADI BERSIH UNBK


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM – SMAN 2 Macang Pacar, menggelar geladi bersih UNBK, Senin (24/2) hingga Selasa (25/2/2020). Kegiatan yang diikuti oleh 193 peserta tersebut merupakan rangkaian persiapan menyongsong pelaksanaan UNBK perdana di sekolah tersebut.  

Kepala SMAN 2 Macang Pacar, Felisianus Jemarus, S.Pd., mengungkapkan, sejak sekolah ini didirikan tahun 2012 silam, pelakasanan Ujian Nasional selalu berbasis UNKP, hingga tahun 2020 ini, untuk pertama kalinya sekolah menggelar UNBK. Lebih lanjut dirinya mengimbau warga sekolah agar bersama orang tua/wali untuk terus memotivasi peserta ujian dan tetap mendukung setiap rangkaian proses persiapan menuju pelaksanaan UNBK.

“Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya masih menggunakan sistem lama yakni Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), seiring dengan perkembangan IPTEK yang cukup pesat dan modern, Ujian Nasional kini beralih menggunakan sistem berbasis online, dan itu merupakan aturan dari Kemendikbud. Untuk itu, bagi bapak/ibu guru dan juga para orang tua harus mendukung anak-anak dalam ujian yang dilaksanakan bulan Maret mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta UNBK, Theresia Hayati, mengaku dirinya siap untuk mengikuti UNBK tahun ini. Meski pertama kali dilaksanakan di sekolah, namun ia mengaku telah mengikuti serangkaian persiapan sehingga memudahkan dirinya bersama teman-temannya untuk menghadapi UNBK mendatang.

“Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) perdana tahun ini tidak terlalu sulit karena kami sudah melakukan simulasi yang berulang-ulang. Jika kemudian sebagian siswa tidak serius dalam mengikuti proses simulasi UNBK maka siswa tersebut mengalami kewalahan dalam mengikuti UNBK mendatang,” ungkapnya.

Koordinator Lab. Komputer SMAN 2 Macang Pacar, Aleksius Widiyanto, S.Pd., menuturkan, pelaksanaan geladi bersih UNBK di sekolah tersebut terpantau berjalan lancar. Peserta tidak menemui kendala yang berarti. Dirinya berharap geladi bersih tersebut dapat membantu peserta dalam menghadapi UNBK sebenarnya yang akan berlangsung beberapa pekan ke depan. (Hironimus Deo, S.Pd_Kontributor/AN/red)

comments

No comments:

Post a comment