Latest News

Saturday, 16 November 2019

HMPS MATEMATIKA STKIP SOE GELAR CTM TINGKAT SMP



TTS, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka meningkatkan kecintaan para peserta didik terhadap mata pelajaran Matematika, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika STKIP SoE menggelar Lomba Cerdas Tepat Matematika (CTM) tingkat SMP se-Kota SoE dan sekitarnya. Kegiatan yang berlangsung pada 13 –15 November 2019 di Aula STKIP SoE, Jalan Badak, Kelurahan Karang Sirih, Kecamatan Kota SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan itu mengangkat tema “Wujudkan Generasi Cerdas, Cermat, Inovatif, Kreatif dan Berprestasi melalui Matematika.”

Dalam kegiatan tersebut, terdapat 10 regu dari enam sekolah. Sekolah-sekolah tersebut yakni, SMP Negeri 1 Soe (3 regu), SMP Sint Vianney SoE (3 regu), SMP Kristen 1 Mollo Selatan (1 regu), SMP St. Petrus Oinlasi (2 regu) dan SMP Negeri Satap Oemasi (1 regu).

Ketua panitia kegiatan, Imanuel Y. Solle, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan cara pihak kampus dan upaya meningkatkan minat peserta didik terhadap mata pelajaran Matematika. Menurutnya, kegiatan serupa penting sebagai wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya.

“Kami mau menunjukkan kepada masyarakat TTS bahwa ada yang bisa mewadahi untuk anak-anak mengembangkan bakat dan minat khususnya pada mata pelajaran Matematika. Peserta didik baik itu SD maupun SMP yang mempunyai bakat dalam Matematika tetapi untuk pengembangannya dalam kegiatan lomba seperti ini masih sangat minim,” kata Solle.

Ia juga menjelaskan bahwa CTM merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun. CTM tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-4. Ke depan, pihaknya berencana melibatkan juga peserta dari jenjang SD dan SMA/SMK.

Prida N. L. Taneo, M.Pd
Ketua Program Studi Pendidikan Matematika STKIP SoE, Prida N. L. Taneo, M.Pd., kepada CAKRAWALANTT.COM menyampaikan, CTM adalah wadah yang baik bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan berorganisasi sekaligus wujud pengabdian masyarakat STKIP SoE.

“Jangan sampai mahasiswa ini tamat lalu tidak bisa berbuat apa-apa di masyarakat. Jadi, di sini kami juga mengajar mereka untuk bisa dalam berbagai macam hal, tidak hanya pada bidang akademik tetapi juga untuk bidang lain,” kata Taneo.

Taneo berharap ada dukungan dari pemerintah Kabupaten TTS, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan stakeholder lainnya. Karena kegiatan seperti ini akan membantu meningkatkan kecerdasan peserta didik yang ada di TTS sekaligus menghapus anggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang menyeramkan.

Dalam CTM tahun ini, Juara 1 (skor 700), Juara 2 (skor 600) dan Juara 4 (skor 300) diraih oleh SMP katolik Sint vianney SoE. Sedangkan Juara 3 diraih SMPN 1 SoE (skor 400). Para juara mendapatkan piala tetap, sertifikat, dan uang pembinaan dari panitia. (Lenzho/Mis/red)


comments

No comments:

Post a comment