Latest News

Thursday, 31 October 2019

GURU DAN PESERTA DIDIK HARUS MILIKI KEBIASAAN MEMBACA DAN MENULIS



Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM – Para guru dan peserta didik harus memiliki kebiasaan membaca dan menulis. Hanya dengan membaca, beragam informasi dan pengetahuan baru bisa diketahui dan diaplikasikan dalam keseharian hidup. Selain itu, para guru dan peserta didik juga harus memiliki keterampilan menulis. Sebagai sebuah keterampilan, aktifitas menulis harus dipelajari dan dibiasakan dari waktu ke waktu. Hal ini disampaikan pengawas SMA/SMK Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Yohanes Roni, saat membuka kegiatan Workshop Penulisan Karya Ilmiah di SMAN 1 Sanonggoang, Manggarai Barat, Senin (28/10/2019).

Dirinya mengapresiasi langkah pihak sekolah yang menjalin kerja sama dengan Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Ia menilai, langkah ini merupakan langkah positif dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya mutu guru dan peserta didik.

Hal senada diungkapkan Kepala SMAN 1 Sanonggoang, Gaspar Senaban, S.Pd. Menurutnya, kegiatan ilmiah seperti Workshop Penulisan Karya Ilmiah sangat penting bagi perkembangan kualitas guru dan peserta didik. Keinginan serta potensi untuk menulis, ungkapnya, ada di dalam diri guru dan peserta didik, namun hal tersebut belum dioptimalkan secara baik. Karena itu melalui kegiatan ini, peserta diharapkan mendapatkan pencerahan serta menambah wawasan berpikir agar dapat mengembangkan keterampilan menulis di dalam dirinya.

Workshop Penulisan Karya Ilmiah tersebut berlangsung selama tiga hari, diikuti para guru dan peserta didik dari tiga sekolah yakni SMAN 1 Sanonggoang, SMAN 2 Sanonggoang, dan SMAN 1 Mbeliling. Hadir sebagai pemateri yakni Gusty Rikarno, S.Fil (Pimpinan Umum MPC NTT) dan Ino Sengkang, S.Fil (Formator MPC NTT). (gr/red)


comments

No comments:

Post a comment