Latest News

Monday, 19 September 2016

SMKN 1 Kupang Gelar AKSI

Kota Kupang, Cakrawala NTT
Pada hari Sabtu, 17/9/2016, SMKN 1 Kupang menggelar Ajang Kreasi Siswa (AKSI). Acara ini pada intinya adalah sebuah bentuk kumpulan penampilan bakat dan minat para siswa yang dikemas dalam bentuk pertunjukkan di atas panggung dan aksi-aksi luar ruangan. Berlangsung dari pagi pukul 09.00, seluruh rangkaian kegiatan mengambil tempat  di pelataran lapangan SMK Negeri 1 Kupang yang beralamat di Jalan Prof. Dr. W.Z. Johanes,desa  Oetete, Kota Kupang. Salah satu bagian penting dari acara ini adalah peliputan keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh stasiun televisi TVRI Kupang. Peliputan ini menjadi urat nadi dari berjalannya seluruh rangkaian kegiatan, karena bentuk pengemasan kegiatan sebagai sebuah program siaran dari stasiun televisi tersebut.
Dalam sambutannya, yang disampaikan dalam bentuk sapaan kepada pemirsa program siaran, kepala  sekolah SMKN 1 Kupang, Mathias M. Beeh, MM,menyatakan “Kami sangat bangga karena melalui tampilan AKSI, siswa-siswa kami dapat menunjukkan kreasi mereka. Ini merupakan sebagian kecil saja, dari jumlah siswa kami yang sekitar 2200an dan tenaga pengajar sejumlah 148 orang. SMKN 1 merupakan sekolah contoh untuk di NTT, jadi kreasi siswa ini dapat menjadi nilai tambah yang akan menjadi daya tarik tersendiri untuk generasi muda yang ingin belajar di SMKN 1 Kupang”.


Beberapa tampilan yang ada di AKSI antara lain; Musikalisasi puisi “persiapan generasi masa depan”oleh Putra Anakay,atraksi PMR WIRA “pertolongan pertama”,lagu solo oleh Femy Pamor, Story Telling “legenda teluk amang”,fashion show “modification and casual dress, ditampilkan oleh tujuh orang siswa,petikan sasando oleh Rena dan Jory, Thailand Voice (penampilan musikal oleh siswa-siswa pertukaran pelajar dari Thailand) dengan lagu “Yoo Tor Loey Dai Mai (I want to stay here forever),tari tradisional NTT, Atraksi Flying fox dan atraksi gabungan dari kelompok pramuka,penampilan musik Oyalangga Band,modern dance “ Smekersa Dancer”,lagu solo “Mogi e” oleh Janet Suherman.


Salah satu peserta AKSI yang cukup unik adalah Thailand Voice yang dibawakan oleh siswa pertukaran pelajar dari Thailand. Para pelajar asing itu berasal dari  Chachoengsao Vocational College Thailand (empat orang guru, dan empat orang siswa) dan Kanchanaphisek Technical College Mahanakorn Bangkok, Thailand (satu orang Guru dan empat orang siswa). Salah satu anggota Thailand Voice, Suwanan Namwong, kepada Media Pendidikan Cakrawala NTT menceritakan bahwa dirinya merasa senang berada di SMKN 1 Kupang, dalam bahasa Inggris, Ann, panggilan akrabnya mengatakan hal yang memberikan kenyamanan selama di sekolah adalah keramahan dan keakraban para siswa dan guru.
Ditemui di ruang kejanya, Kepala Sekolah SMKN 1 Kupang Mathias M. Beeh, MM mengungkapkan, “ Pada dasarnya  ini adalah kegiatan refreshing yang sekaligus sebagai bagian dari proses panjang membentuk atau membangun karakter siswa melalui aktifitas ekstra kurikuler. Penekanannya ada pada beberapa aspek seperti mencintai kebudayaan, pengkreasian seni melalui hobi dan bakat.” Menurut Mathias, orang tua di masa kini harus jeli melihat pendidikan, khusunya keberadaan sekolah kejuruan. Pemerintah tengah menjadikan sekolah kejuruan sebagai sebuah tujuan. Sekolah kejuruan akan membentuk siswanya menjadi pribadi-pribadi yang memiliki kemampuan untuk membuka lapangan kerja dan usaha mandiri dalam masyarakat. (Armando)


comments

No comments:

Post a comment