Latest News

Thursday, 25 August 2016

Yesuar Sabat dan Yulia Tahun Jadi Duta Bahasa NTT 2016

Yulia Tahun dan Yesuar Sabat, duta bahasa NTT 2016.
Kota Kupang, Cakrawala NTT

Senyum bahagia memancar dari wajah Yesuar Sabat ketika namanya dibacakan sebagai pemenang Duta Bahasa NTT 2016 untuk kategori putra. Sementara itu, air mata bahagia juga menetes di pipi Yulia Tahun yang terpilih sebagai pemenang Duta Bahasa NTT 2016 kategori putri. Dalam babak puncak pemilihan Duta Bahasa NTT yang digelar di Hotel Aston Kupang, Kamis (25/8), Yesuar dan Yulia menyisihkan delapan finalis lain dan akan menjadi wakil NTT dalam pemilihan Duta Bahasa tingkat Nasional di Jakarta pada Oktober mendatang.

Yulia Tahun yang ditemui sesaat setelah pemilihan, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya menjadi Duta Bahasa NTT 2016, terutama keluarganya. Mahasiswa semester 7 Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Kupang ini mengatakan bahwa saat ini orang lebih senang menggunakan bahasa asing dalam petunjuk-petunjuk di ruang publik. Kita sebagai bangsa yang memiliki bahasa sendiri, harus lebih mengutamakan bahasa Indonesia,” lanjutnya.

Sementara itu, Yesuar Sabat mengaku bangga bisa terpilih menjadi Duta Bahasa NTT 2016. Lulusan Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana Kupang tahun 2015 ini mengatakan akan mempersiapkan diri dengan baik sehingga pada bulan Oktober nanti dapat memberikan yang terbaik dalam pemilihan Duta Bahasa Nasional. “Persiapan materi dengan memperluas cakrawala pengetahuan berbahasa sangat penting agar bisa menampilkan yang terbaik. Namun, persiapan mental juga tak kalah penting karena itu akan menentukan penampilan kita,” ujarnya.

Duta Bahasa NTT 2016 ini mendapat hadiah berupa piala, piagam penghargaan, uang tunai senilai Rp 3 juta, dan voucher menginap semalam di Hotel Aston Kupang. Pemenang kedua, ketiga dan keempat untuk masing-masing kategori, putra dan putri, juga mendapat hadiah piagam penghargaan dan uang tunai dengan nilai Rp 1,5 juta, Rp 1 juta, Rp 500 ribu. 

Pemenang Duta Bahasa NTT 2016 untuk kategori Putra antara lain, juara I diraih oleh Yesuar Sabat, juara II diraih oleh George Haning, juara III diraih oleh Andi M. Manikafola, dan juara harapan I oleh Alberto Selan. Sedangkan untuk kategori putri, juara I diraih oleh Yulia Tahun, juara II diraih oleh Fety R. P. Nitbani, juara III diraih oleh Kristin Dupe dan juara harapan I diraih oleh Maria Fernandez. (Eman Nara Sura)

Yulia Tahun dan Yesuar Sabat bersama Valentina Tanate, Kepala Kantor Bahasa NTT

comments

No comments:

Post a Comment