Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Sepuluh Peserta Didik SMKN 1 Lewoleba Ikuti Persiapan Magang ke Jepang

Pose bersama.


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Sebanyak sepuluh (10) peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lewoleba, Kabupaten Lembata, mengikuti kegiatan persiapan dan pelepasan magang ke Jepang, Kamis (4/7/2024). Kepala SMKN 1 Lewoleba, Kristina Dudeng, mengatakan, program magang tersebut digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 

“Ini merupakan program dari Kemendikbudristek untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia jenjang SMK yang berkompeten, berdaya saing tinggi, dan siap kerja. Program ini menekankan pentingnya kurikulum yang relevan dengan dunia kerja dan perkembangan teknologi terkini,” ungkapnya.

 

Kristina menambahkan, program tersebut juga berguna untuk meningkatkan kompetensi kerja peserta didik, memberikan pengalaman internasional, dan membuka peluang karir di masa depan. Untuk itu, sambungnya, program kerja sama dengan dunia kerja penting dilakukan, khususnya kemitraan dengan berbagai perusahaan dan industri.  

 

Lebih lanjut, Kristina menjelaskan, kesepuluh peserta didik tersebut terpilih dari 29 orang pelamar. Nantinya, mereka akan mengikuti pelatihan bahasa Jepang di Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Kaciwado, Karawang, Jawa Barat, guna mendalami bahasa dan budaya Jepang.

 

Sementara itu, Asisten I Setda Kabupaten Lembata, Irenius Suciadi, menyampaikan apresiasi kepada kesepuluh peserta didik tersebut. Menurutnya, program magang tersebut sangat berdampak positif bagi pengembangan potensi dan kualitas peserta didik itu sendiri. Hal itu, tambah Irenius, selaras dengan perkembangan dunia pendidikan dan kemajuan zaman di bidang teknologi dan industri.

 

“Kolaborasi ini berperan penting untuk mempersiapkan generasi muda kita dalam menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan. Pihak Pemerintah Kabupaten Lembata sangat mendukung dan berharap agar para peserta bisa mengasah keterampilan dan kemampuannya dengan baik,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, kesepuluh peserta didik tersebut berasal dari Jurusan Teknik Permesinan, Jurusan Nautika Kapal Penangkapan Ikan, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Jurusan Agribisnis Ternak Unggas, Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, serta Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar. (Rofinus Roning/MDj/red)  


Post a Comment

0 Comments