Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Sekolah Sehat, Generasi Hebat


CAKRAWALANTT.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerapkan kebijakan peningkatan status kesehatan sekolah dan revitalisasi UKS melalui program “Gerakan Sekolah Sehat”. Gerekan ini mendorong semua satuan pendidikan untuk melaksanakan peningkatan kesehatan secara terus menerus dan berkelanjutan dengan berfokus pada 5 Sehat, yakni Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan.

 

Pada 10-12 Juni 2024, Kemendikbudristek melaksanakan kegiatan “Advokasi Implementasi Gerakan Sekolah Sehat bagi Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2024” kepada 202 kepala sekolah dari 25 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur SMP mengatakan, prasyarat mutlak yang harus dibenahi guna meningkatkan kualitas pembelajaran adalah status kesehatan peserta didik yang paripurna, baik fisik, psikologi, maupun sosial. Maka dari itu, melalui kegiatan tersebut, sambungnya, setiap satuan pendidikan binaan dapat melakukan pembiasaan 5 Sehat secara berkelanjutan guna mewujudkan budaya pola hidup bersih dan sehat.



Gerakan Sekolah Sehat turut didukung oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan dinas pendidikan.

 

Sementara itu, di lain kesempatan, Person in Charge (PIC) Gerakan Sekolah Sehat NTT, Irma Rupidara, menekankan bahwa setiap satuan pendidikan sudah seharusnya membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

 

“Sekolah harus menggerakkan budaya hidup sehat tanpa menunggu aba-aba dari pihak lain. Mendukung program 5 Sehat berarti mendukung kesehatan peserta didik,” ujar Irma dalam kunjungannya ke SMP Negeri 1 Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), pada 27 April 2024.



Gerakan Sekolah Sehat diharapkan berimbas pada pembangunan generasi yang hebat. Sekolah Sehat, Generasi Hebat. Begitulah tema sentral yang perlu dikampanyekan untuk menumbuhkan budaya hidup bersih, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, dan berkarakter bagi anak-anak didik. (Gervas Salu/MDj/red)   


Post a Comment

0 Comments