Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Pj Bupati Manggarai Timur Apresiasi Program P5 dan Magang di SMA Negeri 1 Borong

Suasana kunjungan Pj Bupati Manggarai Timur di SMA Negeri 1 Borong.


Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM - Penjabat (Pj) Bupati Manggarai Timur, Boni Hasudungan Siregar, menyampaikan apresiasinya bagi pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan program magang di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Borong. Hal itu disampaikannya ketika menggelar visitasi ke sekolah tersebut, Jumat (17/5/2024).

 

Pada kesempatan tersebut, Boni melihat dan memantau langsung kegiatan P5 berupa “Barista Kopi Flores” dan program magang ke Bali di sekolah tersebut. Ia turut didampingi oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA Kabupaten Manggarai Timur, Pengawas SMA/SMK dan SLB se-Kabupaten Manggarai Timur, Camat Rana Mese, Kepala Desa Sita dan tokoh masyarakat setempat, serta para kepala SD/SMP terdekat.

 

Boni menegaskan bahwa proses pendidikan harus menuntun dan mendorong pengembangan potensi peserta didik sebagaimana konsep pendidikan nasional yang ditekankan oleh Ki Hadjar Dewantara. Hal itu, ungkap Boni, bisa dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan P5 dan program magang.



“Kegiatan-kegiatan ini patut diapresiasi. Saya berharap, anak-anak bisa belajar banyak hal dari kegiatan P5 dan magang ini. Anak-anak kita bisa mengembangkan keterampilan, menguatkan sikap dan karakter, serta bisa mengembangkan potensi dengan baik,” ujarnya.

 

Ia berharap, semua hal yang dilakukan dalam proses pendidikan dapat bermuara pada pengembangan potensi peserta didik. Untuk itu, sambung Boni, para guru harus bisa membimbing dan mengarahkan para peserta didik untuk berkembang secara mandiri.

 

“Tentunya, saya berharap anak-anak ini bisa melaksanakan dan mengekspresikan apa yang telah dipelajarinya dan kemudian bisa menggali lebih banyak potensi agar semakin sempurna dan pengetahuannya bisa semakin mantap,” tukas Boni.



Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Borong, Felianus Juman, menerangkan, pihaknya tengah mengembangkan kegiatan P5 dengan berbagai model, termasuk program barista kopi dan magang.

 

“Program barista kopi ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik, di mana kita menjalin kerja sama dengan ‘Kopito Borong’. Sedangkan, program magang ini berkaitan dengan Kurikulum Merdeka, yaitu para peserta akan menjalani masa magang di Bali,” ungkapnya.

 

Senada dengan itu, Guru SMA Negeri 1 Borong, Ita Widianingsih, mengatakan bahwa program magang tersebut telah berlangsung sejak bulan Juli tahun 2023 lalu. Program tersebut, ungkapnya, bisa terlaksana di bawah payung P5.



“Tahun 2023 itu, salah satu peserta didik mendapatkan kesempatan pelatihan barista. Hingga saat ini, ada sekitar (total) 36 peserta magang. Bulan ini, ada permintaan juga untuk 5 peserta didik magang ke Bali. Di Bali nanti, rencananya mereka melaksanakan magang selama 3 bulan dan didampingi langsung oleh guru,” jelas Ita.

 

Lebih lanjut, Korwas SMA Kabupaten Manggarai Timur, Lukas Sumba, mengharapkan para peserta didik, khususnya yang akan menjalani masa magang, bisa menggali dan memperdalam pengetahuan dan keterampilannya.

 

“Kurikulum telah memberikan kesempatan kepada kalian, sehingga harus belajar dan berkreasi. Dalami hal-hal baru di sana untuk pengembangan diri kalian!” ujarnya.



Pantauan media, kedatangan Pj Bupati Manggarai Timur disambut dengan budaya Manggarai, yakni “Tuak Curu”. Sambutan tersebut diawali di depan pintu masuk menuju halaman sekolah. Sesampainya di tempat acara, rombongan diterima lagi dengan budaya Manggarai, yakni “Manuk Kapu”, dan dilanjutkan dengan tarian penerimaan tamu, yakni “Ndudundake”, yang dibawakan oleh peserta didik. Dalam kunjungan tersebut, Pj Bupati turut menyaksikan demonstrasi dan narasi kopi espreso oleh peserta didik, serta menggelar diskusi terkait program P5. (Roy/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments