Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Dinas Pendidikan Kota Kupang Deklarasikan Gerakan Penguatan Literasi dan Numerasi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang saat menyampaikan arahannya.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang menggelar “Deklarasi Gerakan Penguatan Literasi dan Numerasi” pada seremoni pembukaan kegiatan “Festival Seni Budaya dan Pameran Edukasi” guna memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5/2024). Acara yang berlangsung di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang tersebut mengusung tema “Mewujudkan Siswa yang Cerdas dan Berbudaya”.

 

Adapun deklarasi gerakan penguatan literasi dan numerasi tersebut turut disaksikan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang yang diwakili oleh Pj Sekda Kota Kupang, Ade Manafe, Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, mitra pembangunan pendidikan yang diwakili oleh Yayasan Rumah Literasi Cakrawala, serta perwakilan organisasi dan komunitas pendidikan di lingkup Kota Kupang.



Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami, mengatakan bahwa para peserta didik sejatinya memiliki potensi yang bagus, sehingga perlu dibina dan dibimbing secara lebih optimal. Untuk itu, ke depannya, ia berharap, pihak sekolah bisa melakukan intervensi terhadap seluruh kegiatan kesiswaan serta pengembangan kompetensi guru.

 

“Anak-anak punya potensi yang luar biasa, sehingga harus dikembangkan. Kegiatan festival ini sebenarnya adalah salah satu wadah untuk mereka agar mampu mengekspresikan semua minat dan bakatnya secara optimal,” tambah Dumuliahi.



Sementara itu, saat deklarasi dilaksanakan, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar dan Menengah, Okto Naitboho, menerangkan, gerakan penguatan literasi dan numerasi tersebut merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di Kota Kupang. Hal itu, sambungnya, akan bermuara pada misi menjadikan Kota Kupang sebagai Kota Literasi dan Numerasi.

 

“Hasil rapor pendidikan kita masih berada di rerata dan bahkan ada yang di bawah rerata. Melalui deklarasi gerakan ini, kita semua diharapkan dapat saling bekerja sama dan berkolaborasi untuk meningkatkan pencapaian rapor pendidikan kita, yakni dari yang berwarna merah bisa menjadi kuning serta yang berwarna kuning bisa menjadi hijau,” jelas Okto.



Pantauan media, deklarasi gerakan penguatan literasi dan numerasi tersebut ditandai dengan penyalaan obor dan penandatanganan komitmen bersama oleh Pj. Wali Kota Kupang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, mitra pembangunan pendidikan, serta perwakilan organisasi dan komunitas pendidikan di lingkup Kota Kupang.

 

Adapun tindak lanjut yang hendak dicapai melalui gerakan tersebut, diantaranya memaksimalkan kegiatan literasi dan numerasi di setiap satuan pendidikan, adanya pengembangan kompetensi guru dan peserta didik secara rutin di bidang literasi dan numerasi, serta mendukung terwujudnya identitas Kota Kupang sebagai barometer pendidikan di Provinsi NTT. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments