Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kadis Pendidikan Kabupaten Kupang Tekankan Pentingnya Literasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

 

Pose bersama.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Dr. Eliazer Teuf, menekankan pentingnya penguatan literasi sebagai bagian dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Menurutnya, literasi adalah kemampuan untuk memahami dan menganalisis informasi secara baik, sehingga dapat memecahkan masalah dengan berbagai solusi.

 

“Literasi adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh guru dan peserta didik. Mereka dapat memahami pelajaran dengan baik dan mencapai hasil yang memuaskan,” ujar Eliazer di sela-sela kunjungannya di SMP Negeri 1 Kupang Tengah guna memantau jalannya workshop penguatan literasi bersama Yayasan Rumah Literasi Cakrawala, Sabtu (23/3/2024).


Kadis Pendidikan Kabupaten Kupang (berbaju hijau) saat melihat langsung hasil tulisan seorang guru.

Eliazer menambahkan, literasi juga berperan untuk mengembangkan pola pikir kritis di kalangan guru dan peserta didik. Dengan begitu, sambungnya, upaya peningkatan mutu pendidikan dapat berjalan dengan baik, sebab adanya input atau masukan yang baik di setiap proses pendidikan.

 

Semua harapan dan upaya tersebut, terangnya, bisa dilakukan dengan meningkatkan kemampuan menulis.


Kadis Pendidikan Kabupaten Kupang saat memberikan arahan.

“Salah satunya adalah dengan menulis. Di dalamnya, kita bisa mengembangkan pola pikir kritis dan bisa saling berbagi informasi melalui karya tulis,” tukasnya.

 

Eliazer pun mengapresiasi langkah positif yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Kupang Tengah untuk menguatkan literasi di kalangan guru. Ia berharap, kegiatan tersebut bisa berimbas pada upaya peningkatan mutu pendidikan.   



“Saya rasa ini adalah inisiatif yang baik. Saya memberikan apresiasi kepada semua guru yang sudah berbagi pengalaman praktik baik melalui tulisan-tulisan yang luar biasa. Semoga ini menjadi langkah yang baik untuk sama-sama meningkatkan rapor pendidikan kita,” ungkapnya kepada para guru SMP Negeri 1 Kupang Tengah yang terlibat sebagai peserta. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments